Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpustakaan Soeman HS, Perpustakaan Termegah di Pekanbaru

Kompas.com - 13/09/2021, 10:12 WIB
Kistin Septiyani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perpustakaan Soeman HS merupakan salah satu perpustakaan dengan desain arsitektur unik di Indonesia. Bangunannya terletak di Jalan Jendral Sudirman, Nomor 462Jadirejo, Sukajadi, Pekanbaru, Riau.

Bangunan tersebut adalah perpustakaan dan penyimpanan arsip nasional yang berstatus perpustakaan provinsi. Tak heran jika Perpustakaan Soeman HS menjadi salah satu perpustakaan terbesar di tanah air.

Dilansir dari situs resmi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, perpustakaan ini diresmikan pada tahun 2008 silam.

Baca juga: Belajar di Rumah Aja, Manfaatkan Layanan Digital Perpustakaan Nasional

Sejarah perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru, Riau DOK. dispusip.pekanbaru.go.iddispusip.pekanbaru.go.id Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru, Riau DOK. dispusip.pekanbaru.go.id

Sebelum Perpustakaan Soeman HS dibangun, pemerintah Riau telah memiliki sebuah perpustakaan provinsi yang berada di daerah Gobah, Kecamatan Sail.

Namun, lokasi ini dinilai kurang strategis dan sulit dijangkau oleh masyarakat.

Oleh sebab itu, pemerintah memindahkan perpustakaan tersebut ke pusat kota. Kendati demikian, perpustakaan baru berada di sebuah gedung tua dengan fasilitas yang belum memadai.

Hingga akhirnya dibangunlah Perpustakaan Soeman HS yang berada di kawasan Sudirman. Pembangunan gedung baru untuk perpustakaan tersebut direncanakan dengan matang.

Baca juga: Wisata Edukatif di Jakarta, Mengunjungi Perpustakaan dengan Fasilitas Modern

Arsitektur bangunan

Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru, Riau DOK. dispusip.pekanbaru.go.iddispusip.pekanbaru.go.id Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru, Riau DOK. dispusip.pekanbaru.go.id

Arsitektur bangunan dibuat dengan memadukan budaya Melayu modern dan arsitektur khas Islam. Pembangunan gedung ini juga bertujuan untuk menggabungkan bangunan-bangunan lama yang ada di lokasi tersebut.

Meski begitu, pemerintah tetap mempertahankan bangunan bersejarah yang berdiri di sekitar lokasi. Pemerintah akhirnya membangun Aula Ismail Suko dan Aula Wan Ghalib yang merupakan penggabungan aula bangunan terdahulu.

Tidak hanya itu, mereka membangun bangunan lima lantai di tengah aula dengan atap berbentuk rahal. Bentuk tersebut merupakan adaptasi dari ajaran Islam.

Baca juga:

Bangunan perpustakaan dibuat dengan konsep tembus pandang. Material yang digunakan sebagian besar berupa kaca transparan untuk memanfaatkan pencahayaan alami di pagi dan siang hari.

Dalam situs resminya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekan Baru menyebut Soeman HS sebagai perpustakaan termegah di Kota Riau.

Pengunjung dapat menikmati koleksi buku di perpustakaan tersebut pada hari kerja pukul 09.00 - 15.00 WIB. Perpustakaan ini tidak menerima pengunjung atau melayani peminjaman pada hari libur dan akhir pekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com