Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Bakal Terima Penumpang Transit dari Indonesia Mulai 22 September

Kompas.com - 20/09/2021, 16:12 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Singapura akan menerima penumpang dari Indonesia yang hendak transit mulai 22 September 2021 pukul 23.59 waktu setempat, sejalan dengan pelonggaran sejumlah ketentuan perjalanan di negara tersebut.

Berdasarkan situs web Kementerian Kesehatan Singapura, penumpang yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam kurun waktu 21 hari terakhir diizinkan untuk transit di Singapura

Selain itu, penumpang dari Indonesia yang masuk ke Singapura wajib menjalani tes PCR setibanya di negara tersebut. 

Adapun penumpang dengan riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 21 hari sebelum tiba di Singapura akan masuk Kategori IV.

Baca juga:

Menurut safetravel.ica.gov.sg, mulai 22 September 2021, penumpang yang masuk ke dalam Kategori IV wajib mematuhi sejumlah syarat, sebagai berikut:

  • Menjalani tes PCR dalam 48 jam sebelum ketibaan di fasilitas medis atau laboratorium atau klinik yang berakreditasi internasional.
  • Membawa dokumen hasil tes PCR dalam bahasa Inggris (atau memiliki terjemahan bahasa Inggris). Dokumen tersebut harus berisi hasil serta tanggal tes, nama wisatawan, dan tanggal lahir atau nomor paspor yang digunakan untuk ke Singapura.
  • Menjalani tes PCR setibanya di Singapura.
  • Menjalani karantina (Stay At Home Notice atau SHN) selama 14 hari di tempat yang telah ditentukan (SHN-Dedicated Facilities atau SDF).
  • Menjalani tes PCR Covid-19 pada akhir periode karantina.
  • Menjalani tes rapid antigen pada hari ketiga, ketujuh, dan ke-11 setelah ketibaan mereka di Singapura.

Baca juga:

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (10/7/2021), pemerintah Singapura sebelumnya memperketat kedatangan dari Indonesia akibat bertambahnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Aturan tersebut melarang seluruh penumpang yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 21 hari terakhir untuk transit di Singapura. Tidak hanya itu, mereka harus menjalani tes PCR dan antigen setibanya di Singapura.

Ralat redaksi (21/9/2021): Sebelumnya artikel ini berjudul Singapura Bakal Terima Wisatawan dari Indonesia Mulai 22 September, dengan ini sudah diralat menjadi Singapura Bakal Terima Penumpang Transit dari Indonesia Mulai 22 September karena adanya kesalahan penerjemahan. Dengan ini, redaksi Kompas.com memohon maaf atas tersiarnya informasi yang kurang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com