Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Kampung Yoboi Papua, Tempat Wisata Sagu dan Budaya

Kompas.com - 22/09/2021, 10:44 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Kampung Yoboi di Jayapura, Papua, adalah desa wisata yang terletak di tengah-tengah Danau Sentani. Salah satu daya tarik desa wisata ini adalah wisata pohon sagu.

Desa Wisata Kampung Yoboi masuk peringkat 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, sebuah ajang yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Untuk mencapai desa wisata ini, wisatawan harus menyeberangi Danau Sentani.

Dalam kunjungannya terkait ADWI 2021, Selasa (21/9/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyeberang dari Dermaga Khalkote selama 20 menit. 

Selama perjalanan, wisatawan dapat menikmati panorama perbukitan.

Baca juga:

Beragam kegiatan dapat dilakukan di Desa Wisata Kampung Yoboi, salah satunya trekking pohon sagu sepanjang 420 meter.

Adapun desa wisata ini terkenal akan pohon sagunya yang tumbuh di hutan seluas 1.600 hektar. Di hutan tersebut, wisatawan dapat menjumpai lebih dari 20 jenis sagu dan merupakan jenis sagu terbanyak di Indonesia.

Selain trekking pohon sagu, wisatawan juga dapat mengikuti beragam festival kebudayaan, di antaranya Festival Ulat Sagu, Festival Ela (berburu hewan hutan), dan Festival Danau Sentani. 

Ilustrasi Desa Wisata Kampung Yoboi di Jayapura, Papua.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Desa Wisata Kampung Yoboi di Jayapura, Papua.

Wisatawan juga dapat membeli sejumlah produk ekonomi kreatif di desa wisata ini, antara lain es krim yang terbuat dari sagu, tepung sagu, dan sagu bakar. 

Desa Wisata Kampung Yoboi juga memiliki batik Papua, tas dari anyaman daun sagu, tirai dari buah sagu, dan taman gizi terapung. 

"Kampung Yoboi telah ditetapkan sebagai satu dari 50 desa wisata terbaik di ajang ADWI 2021. Desa ini memiliki potensi terbaik, dan saya yakin dengan Kampung Yoboi, Indonesia Timur akan semakin dikenal oleh masyarakat," ujar Sandiaga, melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa. 

Baca juga:

Ia juga mengatakan bahwa Desa Wisata Kampung Yoboi mengedepankan kearifan lokal sebagai daya tarik wisatawan. 

"Dengan strategi promosi yang tepat dan wisatawan Nusantara sebagai sasaran utama saat ini, maka Kampung Yoboi dan desa wisata lainnya di Jayapura akan menjadi tujuan utama wisatawan," tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com