BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Korea Tourism Organization

5 Taman Hiburan Keluarga di Korea Selatan yang Cocok untuk Wisatawan Muslim

Kompas.com - 24/09/2021, 10:50 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa tahun terakhir, jumlah wisatawan muslim yang datang ke Korea Selatan terus bertambah.

Melansir laman yna.co.kr, Minggu (15/9/2021), terdapat lebih dari 1 juta wisatawan muslim yang berkunjung ke Korea Selatan pada 2019.

Angka tersebut mengalami peningkatan dari 2018 yang berjumlah 970.000 dan 870.000 pada 2017.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Korea Selatan secara serius mulai membangun infrastruktur pariwisata yang ramah bagi wisatawan muslim.

MICE Manager Korea Tourism Organization Jakarta Office Akhmed Faezal Al-Hamdi mengatakan, salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membangun tempat ibadah di berbagai tujuan wisata, seperti di taman hiburan, hotel berbintang, pusat perbelanjaan, dan bandar udara.

“Fasilitas tersebut telah dikurasi secara ketat oleh Korean Muslim Federation,” ujar Akhmed seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (16/6/2021).

Anda yang ingin mencoba pengalaman liburan di luar negeri, tetapi mempertimbangkan akomodasi ramah muslim, dapat memilih Korea Selatan sebagai destinasi tujuan. Apalagi, saat ini, Korea Selatan memiliki banyak tempat wisata yang juga cocok dikunjungi bersama seluruh anggota keluarga. Misalnya, taman hiburan.

Sebagai informasi, mengajak anggota keluarga untuk pergi ke taman hiburan mampu memberikan banyak manfaat.

Melansir laman thehealthsite.com, Selasa (4/12/2018), selain bermanfaat positif untuk suasana hati dan menghilangkan stres, pergi ke taman hiburan baik pula untuk kesehatan tubuh. Sebab, aktivitas di dalam taman hiburan dapat mengencangkan otot dan membantu membakar kalori.

Berikut Kompas.com rangkum lima taman hiburan keluarga di Korea Selatan yang ramah untuk wisatawan muslim.

Lotte World

Lotte World adalah kompleks hiburan dan rekreasi yang berada di Seoul dan terletak di tenggara Distrik Songpa. Tempat ini merupakan salah satu taman hiburan terbaik di Korea Selatan.

Adapun taman hiburan Lotte World dibagi menjadi dua bagian, yakni Lotte World Adventure yang merupakan taman bermain indoor dan Magic Island sebagai taman bermain outdoor.

Taman hiburan Lotter WorldVisitkorea.or.id Taman hiburan Lotter World

Lotte World Adventure memiliki 22 wahana permainan dan kerap menyajikan parade serta pertunjukan-pertunjukan khusus.

Sementara, Magic Island merupakan taman bermain yang dibangun di tengah-tengah Danau Seokchon dan memiliki 17 wahana permainan berbeda.

Selain kedua tempat tersebut, Lotte World juga punya fasilitas hiburan lainnya, seperti Lotte World Mall, Lotte World Aquarium, dan Lotte World Tower.

Everland

Everland Theme Park adalah taman hiburan atau taman bermain yang dibuka pada 1976 dan terletak di Everland Resort, Yongin, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

Taman itu sebelumnya disebut “Jayeon Nongwon” yang dalam bahasa Indonesia berarti “pertanian alami.”

Saat ini, Everland merupakan taman hiburan terbesar di Korea Selatan. Saking besarnya, tempat ini juga memiliki kebun binatang.

Everland Theme ParkShutterstock/Nghia Khanh Everland Theme Park

Jadi, jika Anda hendak berlibur ke Korea Selatan bersama keluarga, Everland merupakan salah satu taman hiburan yang wajib dikunjungi.

Adapun taman hiburan tersebut dibagi ke dalam lima zona berbeda, yakni American Adventure, Zootopia, Global Fair, Magic Land, dan European Adventure.

Petite France

Taman hiburan ini terbilang unik karena mampu menyuguhkan hiburan dan pemandangan desa wisata layaknya di Pantai Mediterania atau seperti daerah pastoral di Piedmont Alps, Turin, Italia.

Petite franceVisitkorea.or.id Petite france

Saat menuju lokasi Petite France, wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan indah Danau Cheongpyeong yang terletak di Provinsi Gyeonggi-do dan berfungsi sebagai bendungan. Lokasinya dekat kaki gunung.

Petite France sendiri dibangun sebagai desa budaya. Tempat ini juga menjadi lokasi fasilitas pelatihan untuk kaum muda. Fasilitas tersebut bernama Goseong Youth Training Center.

Sesuai namanya, bangunan yang ada di Petite France didominasi oleh arsitektur bergaya Prancis.

Selain itu, taman hiburan itu juga menyediakan beragam jenis kuliner khas Prancis. Tak ketinggalan, wisatawan juga dapat melihat-lihat busana dan kehidupan tradisional masyarakat Prancis di tempat ini.

Seoulland

Seoulland Theme Park didirikan pada 1998 dan menjadi taman hiburan berskala besar pertama di Korea Selatan.

SeoullandShutterstock Seoulland

Di sana, wisatawan dapat menjelajahi beragam wahana yang tersebar di beberapa zona, seperti Adventureland, World Plaza, Tomorrowland, Fantasyland, dan Samchully Hill.

Tak hanya itu, keseruan berwisata di Seoulland makin lengkap lantaran di taman bermain ini juga terdapat beberapa obyek wisata lainnya, seperti Pusat Seni Modern Nasional, Forest Bath Resort, dan Seoul Grand Park yang merupakan kebun binatang terbesar di Korea Selatan.

Saat berada di sana, Anda juga akan disuguhkan pemandangan indah yang diberikan oleh Gunung Cheonggyesan.

Onemount

Onemount adalah taman hiburan pertama di dunia yang menghadirkan konsep musim dingin sekaligus musim panas.

Snow park di Taman hiburan OnemountVisitkorea.or.id Snow park di Taman hiburan Onemount

Hal tersebut langsung terlihat dari keberadaan fasilitas taman hiburan, seperti taman salju dan kolam renang.

Wisatawan yang datang di musim panas tetap dapat merasakan kesenangan bermain di taman salju karena taman tersebut secara teratur menyemprotkan salju buatan sepanjang hari.

Selain itu, taman hiburan yang terletak di Provinsi Gyeonggi-do itu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya, seperti lapangan golf, pusat kebugaran, dan pusat perbelanjaan.

Itulah taman hiburan ramah muslim yang bisa Anda pertimbangkan jika hendak berlibur bersama keluarga ke Negeri Ginseng.

Anda juga tak perlu khawatir mengenai keberadaan rumah makan maupun restoran di Korea Selatan yang menjual kuliner halal.

Pasalnya, saat ini Korea Selatan juga sudah memiliki restoran bersertifikasi halal di berbagai kota yang dapat dikunjungi oleh wisatawan muslim.

Untuk diketahui, Korea Selatan menganggap keberadaan wisatawan muslim sebagai elemen penting untuk meningkatkan devisa melalui sektor pariwisata.

Oleh karena itu, Pemerintah Korea Selatan secara serius terus membangun beragam infrastruktur penunjang untuk menarik minat para wisatawan muslim.

Keseriusan tersebut terbukti dengan meningkatnya citra Negeri Ginseng di dunia internasional sebagai tujuan wisata halal.

Menurut laporan Global Muslim Travel Index 2019 (GMTI), Korea menduduki peringkat ke-8 tujuan wisata muslim di luar negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Jadi, tunggu apalagi? Begitu pandemi Covid-19 mulai mereda, ajak seluruh anggota keluarga dan nikmati beragam hiburan yang ada di Korea Selatan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai destinasi wisata ramah muslim di Korea Selatan, silakan cek tautan berikut.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com