Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersiap Sambut Turis Asing, India Izinkan Penerbangan Charter

Kompas.com - 26/09/2021, 11:27 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah India mengumumkan, mereka akan mengizinkan wisatawan asing yang sudah divaksin untuk berkunjung dengan penerbangan charter.

Melansir Business Standard, Senin (20/9/2021), perizinan terhadap wisatawan tersebut diberikan lantaran pemerintah India hendak melonggarkan pembatasan masuk ke negaranya.

Pengumuman terkait modalitas, serta tanggal dimulainya kembali perjalanan liburan tersebut ada kemungkinan akan dirilis pada akhir September 2021.

Maret lalu, pemerintah India membatasi perjalanan udara ke luar negeri untuk menghambat penyebaran Covid-19.

Baca juga:

Meski begitu, tenaga kesehatan profesional, spesialis teknis, dan warga negara India di luar negeri telah diizinkan untuk melancng ke India sejak 2020, meski pelancong yang hendak berlibur aksesnya masih ditolak.

Saat ini, pemerintah negara tersebut berencana untuk menyambut kembali wisatawan asing secara bertahap mengingat adanya penurunan kasus Covid-19 dan vaksinasi yang meluas.

Masih dibahas lebih lanjut

Seorang pejabat yang mengetahui hal ini mengatakan, diskusi antarkementerian sedang berlangsung. Pada tahap awal, dia mengatakan bahwa wisatawan hanya diizinkan datang ke India dengan pesawat charter.

“Ini akan menjadi pembukaan yang dikalibrasi. Keputusannya diharapkan dalam waktu sekitar satu pekan,” ujar dia, melansir Business Standard.

Ketua Stic Travels, Subhash Goyal, mengatakan bahwa pemerintah harus memulai kembali penerbangan internasional terjadwal dengan pembukaan perjalanan liburan.

Menurut dia, mengizinkan wisatawan asing untuk tiba dengan menunda penerbangan terjadwal tidak akan ada gunanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com