Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Carangsari Bali, Desa dengan 14 Daya Tarik Wisata

Kompas.com - 27/09/2021, 21:40 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Carangsari di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali, merupakan salah satu desa wisata yang terpilih dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

ADWI 2021 adalah lomba yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sebanyak 50 desa wisata terbaik dari beragam provinsi di Indonesia telah dipilih. 

Ke-50 desa wisata tersebut juga tengah dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Dewan Juri. 

Baca juga:

Desa Wisata Carangsari memiliki 14 daya tarik untuk wisatawan, khususnya kalangan milenial pencinta wisata alam.

14 daya tarik tersebut di antaranya Sungai Ayung, Yeh Penet, kebun kopi, arung jeram, flying foxcycling, dan glamping (glamour camping).

Selain itu, desa wisata ini juga merupakan tempat kelahiran Pahlawan Nasional Indonesia, I Gusti Ngurah Rai. Ia gugur saat melawan penjajah Belanda dalam perang Puputan Margarana pada 20 November 1946.

Salah satu pertunjukan seni dan budaya yang ada di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Salah satu pertunjukan seni dan budaya yang ada di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.

Tidak hanya itu, terdapat akulturasi budaya Bali dan Tionghoa di Desa Wisata Carangsari.

Seni budaya yang tidak boleh dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke desa wisata itu adalah wayang kulit paruwe, wayang ramoyane, barongsai, tarian hanoman, barangket, gamelan khas Bali, barong landung, dan tari topeng Tugek Carangsari.

Baca juga:

 

Tari topeng Tugek Carangsari diciptakan dan dipopulerkan oleh maestro I Gusti Ngurah Widya yang kini berusia 75 tahun. Ia telah berkarya hingga ke luar negeri sejak tahun 1970-an.

Selepas berwisata di Desa Wisata Carangsari, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas desa wisata tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Carangsari di Kabupaten Badung, Bali, pada Sabtu (25/9/2021).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Carangsari di Kabupaten Badung, Bali, pada Sabtu (25/9/2021).

Wisatawan dapat membeli produk ekonomi kreatif warga setempat, antara lain virgin coconut oil (minyak kelapa murni), madu, dan kriya bokor dari kertas karya Ketut Tirtayasa.

"Tadi saya melihat produk virgin coconut oil dan madu, saya minta ini dibantu melalui program bedah desain kemasan kuliner nusantara (BEDAKAN) dan langsung ditindaklanjuti karena butuh waktu sekitar empat bulan supaya produk tersebut memiliki kemasan yang lebih baik dan berkualitas, karena akan kita jadikan juga sebagai suvenir saat tamu-tamu dari KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) G20 yang akan diundang ke sini," ujar Menparekraf Sandiaga, melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga:

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (14/9/2021), Indonesia akan berperan sebagai Presidensi perhelatan KTT G20 tahun 2022 di Bali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com