Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Naik Kereta Lokomotif Uap di Museum Kereta Api Ambarawa

Kompas.com - 29/09/2021, 12:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Dahulu, kereta lokomotif uap merupakan salah satu pilihan transportasi yang kerap digunakan orang-orang pada zaman Hindia Belanda.

Meski belakangan ini kereta tipe kuno itu sudah jarang terlihat dan digunakan untuk mengangkut penumpang, masyarakat yang penasaran bisa berkunjung ke Museum Kereta Api (KA) Ambarawa di Jawa Tengah

Humas PT Kereta Api Pariwisata atau KAI Wisata Ilud Siregar mengatakan, Museum KA Ambarawa memiliki kereta lokomotif uap yang bisa ditumpangi oleh wisatawan.

“Perjalanan KA Wisata Ambarawa dengan lokomotif uap maupun diesel vintage saat ini melayani rute Ambarawa-Tuntang pergi pulang (PP), dan Ambarawa-Bedono PP,” jelasnya, Selasa (29/9/2021).

Baca juga:

Adapun, kereta tersebut akan melintasi satu-satunya rel bergigi yang masih aktif di Indonesia sejak pertama kali dibangun pada 1900-an.

Melansir Kompas.com, Senin (19/12/2016), wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan alam yang indah saat menaiki kereta lokomotif uap tersebut.

Hal itu karena rute Ambarawa-Tuntang menawarkan pemandangan gunung saat kereta melintasi Rawa Pening. Sementara rute Ambarawa-Bedono menawarkan pemandangan Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu.

“Ketentuan dan prosedur sewa atau reservasi KA Wisata Ambarawa dapat menghubungi dan membuat surat permohonan, dan dikirim ke email ambarawa@kawisata.id, atau WhatsApp ke nomor +62812-2934-6070,” jelas Ilud.

Baca juga:

Reservasi dapat dilakukan setiap hari pada jam kerja. Dia menganjurkan reservasi dilakukan minimal tiga minggu sebelum keberangkatan.

Melansir situs resmi PT KAI, tipe kereta yang bisa disewa untuk perjalanan rombongan adalah lokomotif diesel  dan lokomotif uap untuk rute Ambarawa-Tuntang, dan lokomotif uap untuk rute Ambarawa-Bedono.

Sementara untuk perjalanan perorangan, tipe kereta yang dapat ditumpangi adalah lokomotif diesel vintage rute Ambarawa-Tuntang.

Menurut informasi dalam akun Instagram @kawisata, harga tiket terbaru untuk naik kereta uap relasi tersebut per November 2020 adalah Rp 60.000 per orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com