Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Airlangga Jakarta-Surabaya PP Resmi Beroperasi, Tiket Sudah Bisa Dibeli

Kompas.com - 03/10/2021, 12:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI meluncurkan KA Airlangga jurusan Stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi pergi-pulang (PP) pada Jumat (1/10/2021).

Peluncuran yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta ini diresmikan Direktur SDM dan UMUM KAI Agung Yunanto beserta Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Danto Restyawan.

Melansir keterangan pers yang Kompas.com dapat, Minggu (3/10/2021), KA Airlangga dioperasikan berdasarkan surat nomor KA.005/1/25/K2/DJKA/2021 yang dikeluarkan pada 28 September 2021, bertepatan dengan Hari Kereta Api Nasional.

Baca juga:

“KA Airlangga dioperasikan dalam rangka meningkatkan animo masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi kereta api, sehingga dapat memulihkan roda perekonomian masyarakat,” jelas Agung.

Sementara itu, Danto menuturkan bahwa KA Airlangga merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam hal ini Kemenhub dalam memberikan layanan yang murah, anda, aman, dan nyaman kepada masyarakat.

Menurut dia, KA Airlangga yang beroperasi pada rute Jakarta-Surabaya secara PP dapat dijadikan sebagai alternatif moda transportasi di kalangan masyarakat.

Tarif KA Airlangga adalah Rp 49.000 untuk jarak tempuh 0-290 kilometer (km) dan Rp 104.000 untuk jarak tempuh lebih dari 290 km.

KA Airlangga rute Jakarta-Surabaya resmi beroperasi dengan tarif subsidi.dok. KAI KA Airlangga rute Jakarta-Surabaya resmi beroperasi dengan tarif subsidi.

Tiket KA tersebut sudah bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access, situs resmi KAI, loket pembelian tiket di stasiun, atau platform penjualan lainnya.

Jadwal keberangkatan KA Airlangga dari Stasiun Pasar Senen adalah pukul 11.30 WIB, dan tiba di Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 23.00 WIB.

Sementara untuk keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi adalah pukul 12.25 WIB, dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 00.10 WIB.

Baca juga:

Seputar KA Airlangga

Pemilihan nama Airlangga pada KA tersebut dikatakan terinspirasi dari nama raja pendiri Kerajaan Kahuripan di Jawa Timur yang memerintah pada abad ke-11.

Pada akhir masa pemerintahannya, Kerajaan Kahuripan dibelah menjadi Kerajaan Kadiri dan Kerajaan Janggala untuk kedua putranya.

Rangkaian KA Airlangga terdiri dari delapan Kereta Ekonomi dengan total 848 tempat duduk. Namun, kapasitas dikurangi menjadi 592 tempat duduk.

Hal ini berkaitan dengan kapasitas maksimal KA Jarak Jauh yaitu 70 persen dari total tempat duduk, dan sesuai arahan SE Kemenhub Nomor 14 Tahun 2020 yang berlaku selama pandemi Covid-19.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui contact center (021)121, WhatsApp +628111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com