Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Merbabu via Thekelan Buka Lagi 5 Oktober 2021

Kompas.com - 03/10/2021, 20:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan di Kabupaten Semarang akan dibuka kembali untuk para pendaki mulai Selasa (5/10/2021).

“Iya benar (sudah dibuka),” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) Johan Setiawan, Minggu (3/10/2021).

Pembukaan ini berdasarkan Surat Pengumuman Balai TNGM Nomor PG.14/35/TU/TEK/9/2021 tentang Pembukaan Wisata Taman Nasional Gunung Merbabu Wilayah Kabupaten Semarang.

Menurut keterangan dalam surat pengumuman tersebut, pembukaan mengacu pada Instruksi Bupati Semarang Nomor 28 Tahun 2021 tentang PPKM Level 2 Covid-19 di Kabupaten Semarang.

Pembukaan kembali pendakian Merbabu via Thekelan juga mengacu pada Surat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Nomor 556.1/0934 tentang Reaktivasi Jalur Pendakian Gunung Merbabu Wilayah Kabupaten Semarang.

Baca juga:

Johan mengungkapkan, pihaknya membatasi jumlah kunjungan pendaki menjadi maksimal 25 persen sesuai dengan arahan Bupati Kabupaten Semarang.

“Iya (dibatasi), 98 orang per hari,” jelasnya.

Jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, masyarakat bisa melakukannya dengan reservasi secara daring lewat situs https://bookingmendakimerbabu.com/booking/index.php/.

Pembukaan kembali jalur pendakian juga telah diumumkan melalui akun Instagram resmi TNGM yaitu @btn_gn_merbabu pada Kamis (30/9/2021).

Sempat gagal buka jalur pendakian

Sebelumnya, pihak TNGM menutup seluruh aktivitas pendakian pada 29 Juni lalu karena seluruh jalur pendakian yang ada di Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Magelang memasuki zona merah Covid-19.

Gunung Merbabu dilihat dari Gunung Telomoyo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Merbabu dilihat dari Gunung Telomoyo.

Melansir Kompas.com, Selasa, jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting—satu-satunya jalur pendakian yang dibuka pada saat itu—akhirnya pun ditutup karena berada di Kabupaten Magelang.

Baca juga:

Penutupan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Nomor 556/447/19/2021. Sebelumnya, pendakian Gunung Merbabu baru saja dibuka kembali pada 14 Juni.

Sebagai informasi, Gunung Merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi yang tersebar pada tiga kabupaten yang telah disebutkan.

Kabupaten Semarang merupakan rumah dari jalur pendakian via Thekelan dan Cunthel. Selanjutnya, via Selo ada di Kabupaten Boyolali. Sementara itu, via Suwanting juga via Wekas terletak di Kabupaten Magelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com