Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Bromo Hasilkan PNBP Rp 283 Juta Selama Buka Sebulan Saat PPKM

Kompas.com - 06/10/2021, 08:09 WIB
Andi Hartik,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan cukup tinggi saat kawasan Gunung Bromo dibuka secara bertahap dan terbatas di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selama sebulan dibuka, gunung yang berada di ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini dikunjungi sebanyak 7.904 wisatawan.

Angka tersebut terdiri dari wisatawan Nusantara sebanyak 7.878 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 26 orang. Dari jumlah kunjungan itu, pendapatan negara bukan pajak atau PNBP yang dihasilkan sebesar Rp 283.478.500.

Baca juga:

"Wisatawan Nusantara sebanyak 7.878 orang, mancanegara sebanyak 26 orang. Total 7.904 orang. PNBP sebesar Rp 283.478.500," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat, Selasa (5/10/2021).

Sarif mengatakan, data kunjungan itu terhitung sejak 6 September 2021 saat kawasan Gunung Bromo dibuka secara bertahap dan terbatas di masa PPKM hingga 30 September 2021.

"Terhitung sejak 6-30 September 2021," katanya.

Perjalanan menuju kawah Gunung Bromo,KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Perjalanan menuju kawah Gunung Bromo,

Saat ini, kawasan Gunung Bromo sudah ditutup lagi karena status PPKM di daerah penyangganya naik ke level 3 berdasarkan asesmen Kementerian Dalam Negeri.

Penutupan kembali Gunung Bromo itu disampaikan melalui surat pengumuman oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) nomor PG.29/T.B/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/10/2021 yang ditandangani oleh Plt Kepala Balai Besar, Novita Kusuma Wardani.

Penutupan kembali aktivitas wisata itu berdasarkan pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 47 tahun 2021 tentang PPKM level 4, 3, 2 dan 1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga:

Dalam Inmendagri terbaru itu, seluruh daerah penyangga Gunung Bromo, yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Lumajang masuk PPKM Level 3.

Adapun berdasarkan Inmendagri tersebut, tempat wisata di daerah dengan PPKM Level 3 ditutup sementara.

Sebelumnya, aktivitas wisata di Kawasan Gunung Bromo dibuka melalui akses Pasuruan dan Probolinggo karena kedua daerah tersebut berada di level 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com