Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fasilitas Wisata di Desa Selotapak Mojokerto, Ada Camping Ground

Kompas.com - 09/10/2021, 12:01 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Selotapak terletak di Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Wisata ini mulai beroperasi sekitar satu setengah tahun yang lalu.

Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan alam yang hijau. Selotapak menawarkan panorama berupa persawahan berbentuk terasering dengan latar belakang Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuna-Welirang.

"Untuk saat ini, wahana-wahana begitu belum ada. Namun wisatawn dapat menikmati pemandangan berupa terasering dengan latar belakang dua gunung," kata tour guide Selotapak bernama Pingky kepada Kompas.com, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Desa Wisata Majapahit Bejijong Mojokerto, Lokasi Wisata Sejarah Kerajaan Majapahit

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung di Selotapak:

1. Camping ground dan tenda

Fasilitas menarik yang dapat dinikmati di kawasan Selotapak adalah camping ground. Pihak pengelola menyediakan lahan luas untuk perkemahan.

Selotapak, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur DOK. Instagram.com/anakhazana Selotapak, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur DOK. Instagram.com/anakhazana

Pihak pengelola juga menyediakan tenda siap pakai untuk wisatawn yang ingin menginap. Tarif yang harus dibayar adalah Rp 80.000 per tenda untuk satu malam. Kaasitas tenda adalah empat orang.

Baca juga: Wisata Panorama Petung Sewu yang Instagramable di Mojokerto

2. Tempat makan dan kafe

Selain menikmati keindahan alam yang ada di kawasan tersebut, wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner. Ada sejumlah kedai makanan dan minuman di Selotapak.

Selotapak, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur DOK. Instagram.com/dhanigabriel Selotapak, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur DOK. Instagram.com/dhanigabriel

Keberadaan kedai-kedai tersebut menambah atraksi dan fasilitas di Selotapak. Menurut Pingky, kedai-kedai tersebut menjadi salah satu fasilitas penunjang yang dapat dinikmati.

Wisatawan dapat menikmati sajian yang dihidangkan sembari melihat pemandangan alam yang hijau.

Baca juga: Jalan Terjal Menuju Wisata Panorama Petung Sewu di Mojokerto, Siapkan Kendaraan

"Untuk saat ini, tempat makan yang ada masih milik perseorangan," ujar Pingky.

3. Fasilitas umum

Meski bertema alam, fasilitas umum seperti toilet dan mushala juga sudah tersedia di Selotapak. Lahan parkir yang ada juga terbilang cukup luas.

Selotapak, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur DOK. Instagram.com/alan_kitkat Selotapak, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur DOK. Instagram.com/alan_kitkat

"Tiket masuk gratis, cuma bayar parkir kendaraan, Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil pribadi," lanjut Pingky.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Selotapak, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com