Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.440 Kode QR PeduliLindungi Terpasang di Hotel dan Restoran di 4 Wilayah

Kompas.com - 13/10/2021, 16:40 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Hingga 4 Oktober 2021, sebanyak 3.440 kode QR aplikasi PeduliLindungi sudah terpasang di hotel, restoran, dan kafe di empat wilayah di Indonesia. 

Empat wilayah yang dimaksud adalah Jakarta, Bandung di Jawa Barat, Semarang di Jawa Tengah, dan Surabaya di Jawa Timur. Selain itu, jumlah check-in yang terdata ada 1.088.791 orang. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing, Senin (11/10/2021). 

Baca juga:

"Berdasarkan evaluasi, kedisiplinan penggunaan aplikasi PeduliLindungi harus terus ditingkatkan baik pada hotel, restoran, dan kafe maupun lokasi destinasi wisata," ujarnya. 

Adapun, menurut Surat Edaran Deputi Bidang Industri dan Investasi, saat ini sudah ada 40 tempat wisata di Jawa dan Bali yang telah menerima kunjungan wisatawan dengan dua tahap. 

Wajib memindai kode QR

Ilustrasi hotel.SHUTTERSTOCK/Kanyapak Lim Ilustrasi hotel.

Sebelumnya dilaporkan Kompas.com, Minggu (10/10/2021), banyak hotel yang telah menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi, beberapa di antaranya ada di Bali. 

Tercatat ada 16 hotel di kawasan Nusa Dua, Bali, yang mewajibkan para tamu untuk memindai kode QR melalui aplikasi yang sama. 

Tidak hanya di hotel, calon pengunjung di tempat wisata juga wajib check-in melalui aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga:

Mereka melakukannya dengan cara memindai kode QR atau menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19.

Sejumlah tempat wisata yang menerapkan aturan tersebut, antara lain Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, Candi Borobudur di Magelang, dan Pinus Pengger di Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com