Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Berwisata di Kota Sorong, Siap-siap Bawa Payung

Kompas.com - 02/11/2021, 13:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kota Sorong di Provinsi Papua Barat menawarkan deretan pesona pariwisata yang tidak kalah indahnya dengan Kabupaten Raja Ampat.

Mulai dari wisata alam seperti jalan-jalan di tengah hutan bakau dan menikmati pemandangan matahari terbenam, hingga wisata kulinernya yang lezat, semua bisa dilakukan.

Baca juga: Saatnya ke Piaynemo Raja Ampat, Biasanya Harus Antre Kini Sepi Turis

Apabila ingin berkunjung dan berwisata di Kota Sorong, berikut Kompas.com rangkum beberapa panduan dan tips yang dapat diikuti agar perjalanan tetap aman dan nyaman, Senin (1/11/2021):

1. Sewa mobil atau naik angkot

Saat Kompas.com berkunjung ke Kota Sorong pada Senin (25/10/2021), tidak ada penyedia layanan transportasi online, baik itu untuk motor atau mobil.

Baca juga: Uniknya Cara Makan Papeda, Harus Digulung Dulu

Alternatifnya adalah menyewa mobil dengan kisaran harga Rp 500.000 per hari atau naik angkot yang disebut dengan Taksi Kuning, dengan tarif Rp 5.000 per orang untuk sekali perjalanan.

Bandara Dominique Edward Osok di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Selasa (26/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Bandara Dominique Edward Osok di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Selasa (26/10/2021).

Penyedia layanan sewa mobil dapat ditemui setibanya di Bandara Domine Eduard Osok, atau di sekitarnya.

Beberapa rental mobil yang dapat dihubungi adalah PT Wahana Rental Mobil Sorong di Jalan Pendidikan, Malaimsimsa dan CV Trimitra Utama Rental Mobil Sorong di Jalan Danau Uter nomor 8, Kelurahan Pal Putih.

Baca juga: Taman Mangrove Klawalu Sorong, Taman Wisata Mangrove Pertama di Papua

2. Tidak bepergian hingga larut malam

Beberapa area di Kota Sorong minim pencahayaan. Mobil yang Kompas.com tumpangi sempat nyasar ke perumahan yang pencahayaannya tergolong kurang terang. Masyarakat pun sudah tidak terlihat di jalanan, meski waktu baru menunjukkan sekitar pukul 19.00 WIT.

Untuk mengantisipasi tersasar dan tidak bertemu dengan warga setempat untuk menanyakan arah, baiknya kamu menghindari masih berada di jalanan saat malam tiba.

Baca juga: Ikan Bakar Berenang dari Sorong

3. Hati-hati saat lewat jalur kecil

Beberapa titik jalanan dari arah pusat Kota Sorong menuju Distrik Sorong Barat terbilang kecil dan cukup berliku.

Dua mobil yang hendak papasan pun hanya akan memiliki ruang yang cukup tipis di antara keduanya.

Saat melintasi jalur-jalur kecil, jangan lupa berhati-hati. Selain menghindari saling bertabrakan, ada kemungkinan kendaraanmu juga akan berpapasan dengan truk-truk besar.

Bandara Dominique Edward Osok di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Senin (25/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Bandara Dominique Edward Osok di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Senin (25/10/2021).

4. Gunakan tabir surya

Saat Kompas.com berkunjung ke Kota Sorong, cuacanya cukup panas dan cahaya matahari lumayan terik, meski baru pukul 08.00 WIT.

Jika belum familiar dengan teriknya matahari di Indonesia Timur, jangan lupa menggunakan tabir surya agar kulit tetap sehat.

Baca juga: Paket Wisata ke Raja Ampat Mahal, Ini Kata Sandiaga

5. Siapkan payung atau jas hujan

Tidak hanya di Jabodetabek, cuaca Kota Sorong juga tidak menentu. Pada pagi dan siang hari, bisa saja cuaca sedang mendung dan gerimis.

Namun, pada sore hari cuaca kembali cerah sebelum hujan deras pada malam hari dan gerimis pada pagi buta.

Baca juga: Perajin Anyaman di Desa Wisata Arborek Papua Barat Kehilangan Pembeli Akibat Pandemi

Sebelum berwisata di Kota Sorong, bawalah payung yang muat untuk dimasukkan ke dalam tas agar tidak ribet ditenteng di tangan.

6. Jangan ngebut

Saat Kompas.com berada di Kota Sorong, lalu lintas terpantau tidak seramai di Jakarta, sehingga bebas kemacetan.

Bahkan, titik keramaian hanya ada di sekitar pasar tradisional saja. Meski demikian, tetap perhatikan lalu lintas dan jangan ngebut agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com