Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Aktivitas di Desa Wisata Ngilngof Kei Kecil, Wisata di Pantai Berpasir Halus

Kompas.com - 15/11/2021, 16:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comDesa Wisata Ngilngof di Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, merupakan rumah bagi pantai yang konon memiliki pasir terhalus di dunia, yakni Pantai Ngurbloat.

“Kalau di Ngurbloat, wisatawan bisa menyelam atau berenang, atau snorkeling. Ada yang di pantai mereka foto-foto sambil menikmati pasirnya,” kata Kepala Desa Ngilngof bernama Andi kepada Kompas.com di Desa Wisata Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Pantai Ngurbloat di Kepulauan Kei, Tempat Wisata Tanpa Plastik

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan beragam hal yang tidak kalah menarik dari menyelam atau berenang yakni sebagai berikut, Senin (15/11/2021):

1. Berenang di Pantai Ngurbloat

Pantai Ngurbloat merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Kei Kecil, Kepulauan Kei. Sebab, pantai ini disebut memiliki pasir terhalus di Asia bahkan di dunia.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di pantai ini adalah berenang di tepi pantai, menyelam, bermain pasir, atau jalan-jalan di tepi pantai.

Jika ingin berkeliling naik perahu, harga sewanya sekitar Rp 200.000 per perahu.

Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).

Saat Kompas.com berkunjung pada akhir Oktober 2021, terdapat aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Salah satunya adalah menikmati matahari terbenam.

Selanjutnya adalah karaoke atau menyetel musik, bermain futsal di lapangan futsal tepi pantai, kulineran di banyak warung tepi pantai, duduk santai di gazebo, dan naik sepeda di bawah pohon kelapa.

2. Nikmati angin sepoi-sepoi di Pantai Ngurfaruan

Pantai Ngurfaruan merupakan pantai yang letaknya berada tepat di depan Desa Wisata Ngilngof. Pantai ini dikelilingi oleh pohon kelapa, dan memiliki pembatas antara area pantai dengan desa.

Baca juga: Pantai Ngurbloat Maluku Tenggara, Pantai dengan Pasir Terhalus di Asia Tenggara

Wisatawan yang sedang berada di desa wisata dapat menikmati pemandangan Pantai Ngurfaruan dari tepi pantai. Sesekali embusan angin akan terasa.

Jika air sedang surut, pengunjung dapat jalan-jalan hampir ke tengah laut. Saat berkunjung pada Kamis, Kompas.com melihat banyak warga setempat yang duduk di perbatasan antara desa dengan tepi pantai.

Pantai Ngurfaruan atau Pantai Ngilngof di Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pantai Ngurfaruan atau Pantai Ngilngof di Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).

3. Wisata edukasi mangrove di Pantai Yenroa

Andi mengatakan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Pantai Yenroa bisa melakukan wisata edukasi mangrove.

Menurut informasi resmi dalam Ngilngof.com yang dikelola oleh Desa Wisata Ngilngof, Pantai Yenroa menawarkan keunikan alam tersendiri.

Baca juga: Janji Sandiaga di Desa Wisata Ngilngof Maluku: Perbaikan Jaringan Internet

Jika berkunjung saat air pasang, wisatawan dapat berenang atau berkeliling pantai sambil memancing menggunakan perahu tradisional. Pada saat ini, airnya tenang dan jernih.

Sementara jika berkunjung saat air sedang surut, wisatawan dapat melihat warga setempat mencari ikan sambil berjalan. Kondisi pantai pada saat itu adalah kering dan dangkal.

Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).

4. Cicipi kuliner lokal khas Desa Ngilngof

Desa Ngilngof memiliki beberapa hidangan lokal yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Salah satunya adalah pisang embal.

“Embal ini sejenis ketela pohon lalu diolah menjadi tepung, nanti dibungkus pakai daun pisang. Rasanya manis tapi ada asamnya sedikit,” jelas Andi.

Ada juga beragam hidangan olahan umbi-umbian yang digoreng seperti pisang embal. Umbi-umbian akan dikupas dan dibelah, lalu dimasukkan ke dalam wajan.

Baca juga: Punya Pantai Indah, Desa Wisata Ngilngof Cocok untuk Sport Tourism

“Wajan sudah dipanaskan. Di situ ada minyak kelapa. Tapi ada juga olahan umbi-umbian yang direbus. Umbi-umbian ini dihidangkan tidak dibungkus seperti pisang embal,” sambung dia.

5. Mancing di Danau Ablel

Tidak hanya tiga pantai, Desa Wisata Ngilngof juga memiliki danau bernama Danau Ablel.

Wisatawan bisa memancing di danau yang letaknya hanya 700-800 meter dari pusat desa ini.

“Di danau, pengunjung bisa mancing ikan mujair, ikan mas, gurami, dan jutaan ekor ikan lainnya. Kalau mau mancing tapi bawa peralatan sendiri,” kata Andi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com