Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Tunda Buka Perbatasan akibat Varian Omicron

Kompas.com - 01/12/2021, 21:16 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Australia menunda rencana pembukaan kembali perbatasan bagi Warga Negara Asing (WNA) mulai 1 Desember hingga 15 Desember 2021 akibat adanya virus Covid-19 varian Omicron.

Melansir dari BBC, Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyampaikan bahwa keputusan tersebut perlu diambil akibat adanya varian Omicron. 

Menurut situs web Kementerian Dalam Negeri Australia, awalnya negara tersebut berencana membuka perbatasan untuk pelajar internasional, pekerja kemanusiaan, dan pemegang visa keluarga sementara. 

Baca juga:

Adapun, menurut laman tersebut, waktu penundaan bisa digunakan untuk memahami varian baru ini dengan mengumpulkan informasi tentang tingkat keparahan, keefektifan vaksin, dan transmisi lokal.

Untuk diketahui, varian Omicron pertama kali dilaporkan di Afrika Selatan pada November 2021. Kompas.com melaporkan, Rabu (1/12/2021), varian ini disebut sebagai salah satu varian yang cepat menular. 

Ilustrasi Australia - Pantai Bondi di Sydney (SHUTTERSTOCK/Taras Vyshnya).SHUTTERSTOCK/Taras Vyshnya Ilustrasi Australia - Pantai Bondi di Sydney (SHUTTERSTOCK/Taras Vyshnya).

Sejauh ini Australia telah melaporkan lima kasus infeksi Omicron yang berasal dari wisatawan yang tiba di negara tersebut. 

Perbatasan Australia telah ditutup untuk wisatawan asing, kecuali warga negara Australia yang bervaksin Covid-19 penuh, serta penduduk tetap dan keluarga dekat.

Pengecualian juga berlaku untuk wisatawan asing dari "jalur hijau", di antaranya Selandia Baru dan Singapura. 

Seluruh kedatangan ke Australia wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 melalui tes PCR. Mereka juga wajib melengkapi formulir pernyataan yang salah satu isinya adalah tentang status vaksinasi. 

Baca juga:

Sebelumnya diberitakan oleh Kompas.com, Kamis (25/11/2021), pemerintah Australia berencana menerima kunjungan wisatawan asal Korea Selatan pada 1 Desember 2021.

Namun, rencana tersebut juga ditunda hingga 15 Desember 2021 akibat varian Omicron. 

Australia dinilai telah menerapkan kebijakan ketat untuk perjalanan internasional. Salah satu aturannya adalah melarang warganya untuk keluar dari perbatasan.

Di satu sisi, kebijakan ini menuai pujian karena dianggap membantu mengendalikan penyebaran Covid-19.

Kendati demikian, di sisi lain, kebijakan ini dikritik karena memisahkan banyak keluarga.

Kemunculan varian Omicron juga turut mendorong pemerintah Inggris, Uni Eropa (UE), dan Amerika Serikat (AS) mengeluarkan larangan perjalanan untuk Afrika Selatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com