Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Negara Berisiko Tinggi Sebarkan Covid-19 Menurut CDC

Kompas.com - 09/12/2021, 10:31 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengumumkan lima negara di Eropa yang menjadi pusat tujuan wisata masuk ke dalam daftar risiko Covid-19 sangat tinggi (level 4).

Negara yang sangat rawan dalam penyebaran Covid-19 adalah Perancis dan empat tetangganya, yakni Andora, Siprus, Liechtenstein, dan Portugal. Secara keseluruhan negara-negara itu naik ke level 4 pada Senin, (6/12/2021). 

Menurut Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2019, Perancis merupakan negara tujuan pariwisata dunia dan telah menerima banyak sekali wisatawan internasional sebelum pandemi Covid-19. 

Baca juga: 5 Benda Wajib Bawa Saat Perjalanan Selama Masa Pandemi Covid-19

Dilansir dari CNN, Selasa (7/12/2021), dua negara lain yang naik ke level 4 ada di Timur Tengan dan Afrika Timur, yakni Yordania dan Tanzania

Kenaikan kasus Covid-19

Bagaimana negara di atas bisa masuk ke dalam kategori level 4, menurut CDC adalah karena ditemukan lebih dari 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir. 

Masyarakat harus menghindari bepergian ke negara-negara yang masuk ke level 4 menurut pengumuman dari CDC. Jika ada orang yang akan bepergian, ia harus telah divaksinasi lengkap terlebih dahulu.

Baca juga: Jepang Hentikan Semua Reservasi Penerbangan, Antisipasi Varian Covid-19 Omicron

Dalam panduan perjalanannya secara lengkap, CDC merekomendasikan untuk menghindari semua perjalanan internasional sampai seseorang telah mendapatkan vaksinasi penuh. 

"Wisatawan yang divaksinasi penuh lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan dan menyebarkan Covid-19,” ungkap CDC. 

Ilustrasi varian Omicron. Varian baru Covid-19 Omicron (B.1.1.529) telah dilaporkan 40 negara hingga Minggu (5/12/2021). Tidak ada laporan kematian karena Omicron.SHUTTERSTOCK/angellodeco Ilustrasi varian Omicron. Varian baru Covid-19 Omicron (B.1.1.529) telah dilaporkan 40 negara hingga Minggu (5/12/2021). Tidak ada laporan kematian karena Omicron.

Baca juga: 7 Tips Staycation dengan Lansia Saat Pandemi Covid-19

Namun, sambung pernyataan tersebut, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan. Bahkan, wisatawan yang divaksinasi lengkap mungkin berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan dan menularkan beberapa varian Covid-19.

Sebelumnya seluruh tempat tujuan yang berada di Eropa, termasuk Yordania di Timur Tengah dianggap berisiko tinggi karena masuk di level 3. 

Tanzania yang menjadi tempat favorit bersafari sebelumnya masih belum diketahui tingkat berbahayanya karena kurangnya informasi. 

Baca juga: Antisipasi Varian Covid-19 Baru, Warga dari 8 Negara Afrika Ini Tak Bisa Masuk AS

Namun kini setelah ada kekhawatiran atas Lonjakan Covid-19 di Eropa, lantaran adanya varian baru Omicron, pengumuman kenaikan ke level 4 terjadi dengan cepat serta menimbulkan keresahan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com