Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Melewati Keamanan Bandara

Kompas.com - 11/12/2021, 12:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Agar proses keberangkatan berjalan lancar, ada beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari saat melewati pengecekan keamanan di bandara.

Bandara memang merupakan salah satu tempat tersibuk di dunia. Selain karena ramai oleh penumpang yang datang atau pergi, proses pengecekan keamanan dan antrean di bandara bisa membuat kamu cepat merasa lelah.

Akibatnya, kamu lebih mudah stres dan merasakan suasana hati yang tidak enak selama di bandara. Namun, ada beberapa hal yang bisa diminimalisir agar kamu tidak terlalu kelelahan saat melewati semua proses pengecekan di bandara.

Baca juga:

Berikut beberapa kesalahan yang harus kamu hindari saat melewati keamanan bandara, agar lebih lancar serta hemat waktu, mengutip dari Travel + Leisure.

1. Tidak menyiapkan dokumen yang dibutuhkan

Kamu tidak akan bisa melewati keamanan bandara jika tidak menunjukkan tanda pengenal, boarding pass, hasil tes Covid-19, atau paspor jika bepergian ke luar negeri.

Pembuatan paspor untuk urusan perjalanan ke luar negeriPixabay/JoshuaWoroniecki Pembuatan paspor untuk urusan perjalanan ke luar negeri

Jangan menghambat dan membuat pengecekan menjadi lebih lama karena kamu belum menyiapkan dokumen penting saat sudah di depan petugas. Periksa juga persyaratan validitas dokumen dan sebaiknya simpan di tempat yang mudah dijangkau.

2. Tergesa-gesa karena tidak meluangkan waktu

Beberapa bandara memiliki tingkat kesibukan yang tinggi karena jumlah banyaknya jumlah penumpang. Sehingga, tidak ada yang bisa berapa memastikan berapa lama durasi waktu yang tepat untuk menyelesaikan semua administrasi bandara.

Baca juga: 4 Etika Bawa Tas Ransel di Pesawat, Jangan Sampai Memukul Orang Lain

Maka, datanglah lebih awal ke bandara agar tidak terburu-buru jika ternyata kondisi ramai dan waktu keberangkatan sudah dekat.

Setidaknya, kamu bisa datang dua jam sebelum penerbangan, bahkan tiga jam untuk penerbangan ke luar negeri.

3. Tidak mengemas barang penting dalam satu tempat

Kesalahan selanjutnya adalah, kamu menyimpan barang-barang penting yang diperlukan saat pengecekan di tempat yang sulit diambil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com