Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2021, 17:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - King Julien, raja kelompok lemur yang muncul di film kartun Madagascar mungkin menjadi salah satu karakter paling berkesan di film tersebut.

Lemur adalah satwa yang hanya ada di Madagaskar, pulau yang berlokasi di lepas pantai timur benua Afrika.

Kini, lemur bisa kita jumpai jika berkunjung ke Jakarta Aquarium & Safari di Neo Soho Mall, Jakarta Barat.

Namun, sepasang lemur yang bisa kita lihat di Jakarta Aquarium adalah lemur hitam putih (black and white lemur), sementara King Julien adalah lemur ekor cincin (ring-tailed lemur)

Sepasang lemur tersebut adalah hasil breeding atau pembiakan dari Taman Safari Indonesia.

Head of Social, Branding, and Communication, Jakarta Aquarium & Safari, Fira Basuki mengatakan, sebagai lembaga konservasi di bawah pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Jakarta Aquarium tak hanya sebagai lembaga konservasi, tetapi juga membiakkan satwa.

"Kenapa kami bilang hasil breeding, karena di Taman Safari Indonesia Group ada yang sudah beranak pinak," ungkap di Jakarta Aquarium, Senin (20/12/2021).

Baca juga:

Saat ini, Jakarta Aquarium memiliki sepasang lemur jantan dan betina bernama Pavel dan Anna. Selain lemur, Jakarta Aquarium memiliki 3.500 satwa lain yang juga bisa ditemui.

"Kami di sini ada dua lemur, dan ada 3.500 satwa akuatik dan non-akuatik," ucap Fira.

Sayangnya, satwa menggemaskan ini mulai turun populasinya dan statusnya sudah Critically Endangered (CR). Artinya, sudah memdekati tahap kepunahan.

Menurut penjelasan animal keeper Jakarta Aquarium, penyebabnya adalah karena populasi lemur hanya tinggal di satu pulau dan di sana marak terjadi pembalakan liar.

Selain itu, sebagian masyarakat lokal juga masih mengonsumsi daging lemur yang semakin mengancam populasinya.

Padahal, lemur adalah hewan terbesar yang berperan dalam penyebaran serbuk sari dan punya peran besar dalam menjaga kelestarian tanaman-tanaman di Madagaskar.

Itulah mengapa, saat ini mulai banyak lembaga konservasi di dunia yang khusus membiakkan lemur.

Baca juga:

Sepasang lemur Hitam Putih (Black and White Lemur) di Jakarta Aquarium, Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Senin (20/12/2021).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Sepasang lemur Hitam Putih (Black and White Lemur) di Jakarta Aquarium, Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Senin (20/12/2021).
Lemur mengonsumsi buah-buahan berair, seperti pisang, semangka, apel, dan pir, serta makan di pagi dan siang atau sore hari.

Jadi, jika ingin menyaksikan sesi memberi makan lemur, usahakan datang di dua waktu tersebut.

Hal lain yang perlu diketahui ketika melihat lemur secara langsung adalah suaranya yang bisa sangat ribut.

Sebagai kelompok primata, lemur ternyata memiliki suara terkeras kedua di dunia setelah Monyet Howler. Mengutip Kompas.com, (28/11/2021), jeritan monyet howler jantan dapat mencapai hingga 140 db. Jadi, jangan kaget, ya!

Baca juga: Hewan Dengan Suara Terkeras di Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com