Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan dan Tips Berkunjung ke Imagispace 2021 Jakarta

Kompas.com - 21/12/2021, 10:28 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Imagispace kembali dibuka di Jakarta. Ada beberapa panduan dan tips yang bisa disimak sebelum berkunjung ke pameran seni ini.

Imagispace 2021 Jakarta mengangkat satu tema, yakni Lost In Space, yang bermakna kontemplasi manusia untuk mensyukuri setiap hirupan napas saat menjalani momen-momen kehidupan.

Di area pameran yang berbentuk persegi, pengunjung akan diperlihatkan gambaran animasi tentang alam semesta, seperti galaksi, bumi, dan cahaya.

Teknologi proyektor dan sensor yang digunakan akan memvisualisasikan gambaran alam semesta tersebut, termasuk bergerak mengikuti sensor kaki pengunjung.

"Idenya sudah ada sejak 2019. Saya membayangkan hubungan manusia antar manusia, dan manusia dengan semesta. Dibantu tim anak-anak muda Indonesia yang memvisualisasikannya," kata Chief Executive Officer SGE Live Imagi Space, Mervi Sumali kepada Kompas.com, Senin (20/12/2021).

Baca juga: 3 Etika Saat Berkunjung ke Pameran Seni

Panduan berkunjung ke Imagispace Jakarta

Suasana tema Lost In Space di Imagispace, Ashta District 8 lantai Ground Floor, Senin (20/12/2021).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARRORROH ITSNAINI Suasana tema Lost In Space di Imagispace, Ashta District 8 lantai Ground Floor, Senin (20/12/2021).

Ada beberapa tips yang diberikan oleh Mervi Sumali bagi pengunjung yang ingin datang ke pameran seni Imagispace 2021. 

  • Memakai pakaian berwarna putih

Pakaian berwarna putih paling tepat dan disarankan jika hendak berkunjung ke sini. Pasalnya, Imagispace merupakan pameran seni dalam ruangan yang gelap dengan pencahayaan khusus, sehingga warna putih akan terlihat kontras dan bagus saat difoto.

  • Be present

Artinya, hadir dan fokus dengan karya seni yang ada. Apalagi, makna kali ini adalah mengenai cinta dan rasa bersyukur, sehingga pengunjung diharapkan dapat memaknai dan tersenyum setelah keluar dari area pameran.

Baca juga: Wisata ke Museum Purbakala Sangiran Saat Pandemi, Ruang Pameran 2 Masih Tutup

Pengunjung diwajibkan untuk tetap memakai masker selama berada di dalam area Imagispace. Maka, jika ingin makan atau minum, bisa melakukannya sebelum masuk ke dalam area pameran seni.

Selain itu, pengunjung yang sedang dalam keadaan kurang sehat tidak diizinkan masuk.

  • Mendaftar secara online

Sebelum masuk, pastikan sudah mendaftar online melalui QR code yang ada di Instagram IMAGISPACE (@imagi.space). Kemudian, lakukan donasi sebagai pengganti tiket dan tunggu email berisi kode QR sebagai bukti telah berdonasi sekaligus untuk ditunjukkan ketika hendak masuk ke ruang pameran.

Baca juga: Pasar Seni Gabusan Bantul, Sensasi Wisata Sambil Bernostalgia

Mervi menyampaikan, IMAGISPACE dibuka dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga:

Persyaratan bagi pengunjung:

  • Mengenakan masker selama berada di ruang pameran seni
  • Wajib menggunakan PeduliLindungi
  • Masuk area dibatasi per 10 orang
  • Durasi di dalam area adalah 10 menit saat weekend, dan 15 menit saat weekdays

Harga tiket masuk IMAGISPACE saat ini adalah gratis, hanya diganti dengan donasi pohon untuk Hutan Borneo seharga Rp 25.000 atau Rp 75.000.

Donasi Rp 75.000 bisa mendapatkan dua tiket masuk, kesempatan memberi nama pohon, dan sertifikat pohon donasi. Sedangkan donasi Rp 25.000 juga mendapat dua tiket masuk, namun pohonnya akan dikumpulkan secara bersama-sama dengan orang lain.

Pameran seni ini dibuka setiap hari, pukul 10.00 sampai dengan 22.00 dan berlokasi di lantai Ground Floor Ashta District 8, Jakarta Selatan.

Pada awal Januari 2022, kita bisa menyaksikan instalasi lainnya karena Imagispace akan menghadirkan tujuh tema lengkap dari pameran seni ini yang dapat diakses dengan membeli tiket secara online.

Tujuh tema tersebut di antaranya "The Universe of Us", "Flowers, Humans, and Emotions", "Water for Life", "A Walk in the Clouds", "Lost In Space", "The Secret of Colors", dan "Create Your Own Universe".

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com