Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aktivitas Favorit Masyarakat Saat PPKM Dilonggarkan, Menurut Gojek

Kompas.com - 21/12/2021, 16:57 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Seiring dengan penurunan angka kasus Covid-19, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pun dilonggarkan.

Ternyata, situasi ini turut mengubah pola mobilitas masyarakat.

Data layanan transportasi Gojek menunjukkan bahwa destinasi perjalanan masyarakat kini semakin variarif.

Jika sebelumnya masyrakat cenderung lebih banyak pergi ke lokasi seperti pasar, toko swalayan, dan lokasi kerja untuk pekerja sektor esensial, kini sudah banyak masyarakat bepergian ke tempat-tempat yang bersifat rekreasional.

Peneliti psikologi sosial dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Dr Joevarian Hudiyana, MSi memandang adanya pembentukan sikap baru di masyarakat dalam dua tahun pandemi, terutama mengenai penerapan protokol kesehatan dan penerimaan terhadap program vaksinasi.

Dua faktor tersebut berperan dalam memberikan rasa aman di masyarakat, yang pada akhirnya juga memengaruhi pola mobilitas mereka.

"Keberadaan aplikasi PeduliLindungi, misalnya, telah berkontribusi membangun persepsi aman bagi masyarakat. Kewajiban menggunakan aplikasi ini, yang mana syarat awalannya adalah sudah divaksin dosis lengkap, membuat masyarakat merasa lebih tenang karena mengetahui orang-orang disekitarnya (yang satu area atau satu ruangan) juga sudah terlindungi dengan adanya vaksinasi."

Demikian diungkapkan oleh Joevarian dalam keterangan tertulis Gojek yang diterima Kompas.com, Selasa (21/12/2021).

Baca juga:

Selain itu, situasi pandemi yang membaik juga membentuk norma subyektif di masyarakat dan semakin membuat mereka merasa aman.

"Hal ini turut memengaruhi satu individu dengan individu lainnya untuk punya optimisme yang sama," katanya.

Berdasarkan data internal yang tercatat pada layanan transportasi Gojek, berikut aktivitas favorit pilihan pengguna seiring dilonggarkannya PPKM.

  • Memenuhi berbagai kebutuhan di pusat perbelanjaan

Ilustrasi mal.Dok. Shutterstock/ardiwebs Ilustrasi mal.
Menurut data Gojek, sejak PPKM Level 1 diberlakukan, perjalanan menuju pusat perbelanjaan meningkat 22 persen pada November dibandingkan bulan sebelumnya.

Area pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta yang paling diminati masyarakat antara lain Grand Indonesia yang terletak di wilayah Bundaran HI Jakarta Pusat, Lotte Shopping Avenue, dan mal lainnya di sekitar Jalan Profesor Doktor Satrio Setiabudi Jakarta Selatan, serta mal di lokasi-lokasi lain, seperti Jalan Asia Afrika Senayan Jakarta Selatan, maupun di area Jalan Letjen S. Parman Tanjung Duren Jakarta Barat.

Saat akhir pekan, pengguna kendaraan pribadi meningkat dan mencari parkir pun menjadi hal yang menyulitkan.

Hal itu membuat sebagian orang memilih transportasi ojek online.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com