Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Juanda Surabaya Bakal Jadi Pintu Kedatangan Internasional

Kompas.com - 22/12/2021, 19:12 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara Juanda Surabaya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akan dijadikan pintu masuk kedatangan internasional ke Indonesia.

Kabar tersebut diumumkan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, pada Selasa (21/12/2021).

Untuk diketahui, wacana tersebut sebelumnya juga telah disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Kompas.com melaporkan pada Senin (20/12/2021), Luhut menyebut rencana ini sebagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Ia menambahkan, di samping rencana pembukaan bandara sebagai pintu masuk kedatangan internasional, pemerintah juga akan menyiapkan tempat karantina baru, agar kepulangan PPLN tetap kondusif sesuai protokol.

Tidak hanya itu, Luhut mengatakan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) yang kembali dari luar negeri setelah aktivitas berbelanja diminta melakukan karantina di hotel.

Baca juga:

Kendati demikian, Wiku mengimbau agar masyarakat tidak bepergian ke luar negeri jika tidak ada keperluan mendesak. Terlebih menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru) serta keberadaan varian Omicron. 

"Dengan ini Pemerintah mengevaluasi prosedur skrining di seluruh pintu batas luar negeri, baik moda darat, udara, laut termasuk penggunaan tes PCR dengan SGTF dan upaya whole genum sequencing (WGS) untuk meminimalisir peluang importasi kasus varian Omicron," kata Wiku, melalui keterangan resmi dari Satgas Penanganan Covid-19, Selasa. 

Melansir laman covid19.go.id, sejumlah langkah dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran Omicron, termasuk menambah daftar negara asal kedatangan yang patut diwaspadai untuk bisa masuk ke Indonesia.

Selanjutnya pemerintah juga akan memperpanjang masa karantina, bila kondisi semakin memburuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com