Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Raya Sumatera Barat Menang Penghargaan Internasional

Kompas.com - 26/12/2021, 08:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), memenangkan penghargaan Abdullatif Al Fozan Award atau AFAMA beberapa waktu lalu.

Penghargaan ini merupakan ajang untuk menampilkan karya dan desain masjid dari negara-negara dengan penduduk Muslim di dunia.

Melansir Kompas.comSelasa (21/12/2021), sosok di balik masjid tersebut adalah Rizal Musliminprincipal architect, PT Urbane. Adapun Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjadi salah satu pendirinya. 

Baca juga:

Selain itu juga ada PT Penta Rekayasa sebagai penyusun DED. 

"Jadi yang mendapat penghargaan itu ada tiga kategori. Satu arsitek pemenang sayembara namanya Kang Rizal Muslimin arsitek saya dulu yang di-backup oleh kantor saya, namanya Urbane Indonesia dan PT Penta yang menggambar teknisnya gitu ya," kata Ridwan Kamil, Selasa. 

Peletakan batu pertama masjid tersebut dilakukan pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu, Gamawan Fauzi, mengutip Tribunnews.

Pengerjaannya sendiri dilakukan dalam beberapa tahap yang terkendala karena hanya mengandalkan dana APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Sumbar.

Unsur khas Minangkabau dalam Masjid Raya Sumatera BaratShutterstock/Ujeew Unsur khas Minangkabau dalam Masjid Raya Sumatera Barat

Ada beberapa faktor yang membuat desain Masjid Raya Sumatera Barat ini berbeda dari yang lain, menurut Kompas.com, Kamis (15/6/2019).

Salah satu yang paling mencolok dari Masjid Raya Sumatera Barat adalah tidak adanya kubah. Sebagai gantinya, atap masjid didesain berupa atap segi empat dengan tiap sudut menjulang ke langit seperti Rumah Gadang.

Selain itu, Masjid Raya Sumatera Barat memasukkan unsur budaya khas Minang, ditunjukkan dari atap dan corak ukiran Minangkabau di dinding-dindingnya.

Baca juga:

Dari laman resmi Instagram Abdullatif Al Fozan Award, desain atap dan dinding yang terbuka disebut mampu membawa angin masuk ke dalam masjid.

Saat ini, Masjid Raya Sumatera Barat menjadi salah satu ikon wisata religi terkenal di wilayah Padang dan sekitarnya.

Selain Masjid Raya Sumatera Barat, ada beberapa masjid dari negara lain yang menjadi pemenang.

Berdasarkan Instagram Abdullatif Al Fozan Award, beberapa masjid ini adalah Masjid Basuna di Kegubernuran Sohag, Mesir, dan Masjid Sancaklar di Istanbul, Turki.

Ada pula Masjid Agung Djenné di Mali, Masjid Raja Abdullah di Riyadh, Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon, dan Masjid Merah di Bangladesh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com