Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Saat Tahun Baru

Kompas.com - 30/12/2021, 22:36 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kegiatan wisata pendakian Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat resmi ditutup sementara, terhitung mulai 31 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022.

Pernyataan penutupan sementara untuk umum ini diinformasikan oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), melalui surat edaran yang Kompas.com terima pada Kamis (30/12/2021).

Selama sebulan penuh, semua jalur pendakian, yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri, dan jalur Selabintana Sukabumi ditutup.

"Ini betul. Ada penutupan aktivitas pendakian secara rutin tiap tahun dalam rangka pemulihan ekosistem," ujar Call Center TNGGP saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis.

Baca juga:

Selain itu, penutupan juga dilakukan dalam rangka mengantisipasi cuaca ekstrem. Keputusan ini merujuk pada kebijakan dan imbauan prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Meteorologi Citeko Bogor.

Berdasarkan rilis tertulis pada Senin (27/12/2021), wilayah Jawa Barat diprediksi mengalami hujan ringan hingga lebat. Cuaca ekstrem berpotensi terjadi, seperti puting beliung, hujan petir, dan lainnya. Hal ini bisa berdampak menjadi banjir, tanah longsor, hingga pohon tumbang.

Oleh karena itu, bagi calon pendaki yang telah melakukan pembayaran melalui pemesanan online dan terjadi penutupan, bisa melakukan penjadwalan ulang waktu pendakian ataupun pengembalian.

"Untuk informasi lebih lanjut, harap menghubungi telepon kantor khusus layanan pendakian di 0263 2950977, atau Customer Service khusus pendakian di +62 263 519415," lanjut Call Center TNGGP.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com