Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

92 Persen Wisatawan di Gunungkidul Datang ke Pantai Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2022

Kompas.com - 03/01/2022, 16:12 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), banyak dikunjungi wisatawan selama libur Natal dan tahun baru 2022.

"Total wisatawan saat Natal dan tahun baru 177.890 orang dengan kunjungan wisata pantai sebanyak 92,5 persen, sisanya non-pantai," kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono kepada Kompas.com, Senin (3/1/2021).

Baca juga: Pertama di Indonesia, Ngopi sambil Terbang Naik Gondola di Teras Kaca Pantai Nguluran Gunungkidul

Menurut dia, angka itu melebihi target yang sebelumnya dipatok, yakni 147.715 pengunjung. Terlebih, kondisi pandemi membuat aturan perjalanan berubah-ubah.

Meski demikian, angka ini bisa jauh lebih tinggi karena ada beberapa wisata buatan atau alam yang belum ditarik retribusi.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Wediombo, Gunungkidul.

"Iya jika dijumlah dengan yang belum beretribusi bisa meningkat cukup banyak, seperti di kawasan Patuk Heha, Ngingrong, Hutan Turunan, dan Gunung Ireng," ujar Harry.

Baca juga: Wisatawan di Pesisir Gunungkidul dan Perbukitan Menoreh Sulit Pindai QR Code

Memang pada libur Nataru kemarin, beberapa titik di Gunungkidul mengalami kepadatan arus lalu lintas seperti di Kawasan Patuk arah menuju heha sky view, selain itu kawasan pantai.

Disinggung mengenai perputaran uang, Harry belum bisa menghitung secara pasti. Namun, ia bisa memastikan bahwa perekonomian meningkat. 

Baca juga: Belajar Membatik, Aktivitas Wisata di Kampung Batik Giriloyo Yogyakarta

"Pasti makin banyak yang berbelanja, hanya saja nominal pengeluaran per orang per harinya yang belum bisa dipastikan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com