Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Ditutup Mulai 3 Januari 2022, Ini Alasannya

Kompas.com - 03/01/2022, 20:02 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ditutup mulai Senin (3/1/2022) hingga informasi lebih lanjut.

Informasi ini disampaikan alam pengumuman tertulis Nomor: 01/SEK.A.GRSD/SE/PNT/I/2022. 

Isinya menjelaskan bahwa faktor penutupan pendakian adalah karena kondisi cuaca yang makin memburuk dapat mengancam keselamatan pendaki.

“Dicatat tanggalnya ya. (Ini) mempertimbangkan banyak hal dan risiko yang diampu oleh pengunjung dan pihak pengelola,” bunyi tulisan caption akun Instagram @grasindo_indonesia, Senin (3/1/2022).

Baca juga:

Penutupan kegiatan pendakian Gunung Sindoro jalur Kledung ini juga dimaksudkan untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian. Penutupan pendakian pun tak hanya disebabkan oleh cuaca yang memburuk.

Namun, pemulihan dan revitalisasi juga dilakukan dalam upaya menjaga serta memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan, satwa, maupun ekosistem.

Adapun penutupan diumumkan berdasarkan keputusan hasil rapat koordinasi Grasindo di sekretariat di Kledung, Kecamatan Kledung, Temanggung, Jawa Tengah.

Baca juga: Gunung Kelud: Letak Geografis, Astronomis, dan Lempeng Pembentuknya

Pengumuman ini ditandatangani langsung oleh Ketua Organisasi Grasindo Riyan Indra Prayudha.

Sindoro via Kledung

Kecamatan Kledung merupakan salah satu pintu gerbang pendakian menuju puncak Gunung Sindoro dengan ketinggian 3.136 meter di atas permukaan laut.

gunung Sindoro dilihat dari Puncak Bukit Sikendil, Temanggung.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA gunung Sindoro dilihat dari Puncak Bukit Sikendil, Temanggung.

Jalur Kledung jadi yang paling favorit bagi pendaki karena lokasinya yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

Lokasi Basecamp Pendakian Gunung Sindoro via Kledung berada di jalan utama Wonosobo-Temanggung.

Baca juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Saat Tahun Baru

Pada pendaki dari Jakarta biasanya naik bus sampai ke Terminal Mendolo, Wonosobo kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik bus menuju Kledung.

Selain Kledung, ada beberapa jalur pendakian menuju puncak Gunung Sindoro, seperti via Bansari, Temanggung dan Bansari, Wonosobo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com