Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Penginapan dan Resor Dekat Pulau Pahawang, Lampung

Kompas.com - 11/01/2022, 12:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pahawang merupakan salah satu wisata bahari yang terkenal di Provinsi Lampung.

Oleh karena itu, makin banyak wisatawan yang mencari penginapan berupa hotel atau resor dekat dengan lokasi pulau.

Pulau yang dikenal akan keindahan alam baharinya ini masuk dalam kawasan Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan.

Melansir laman Pemerintah Lampung, dari pusat Kota Bandar Lampung menuju Pulau Pahawang, jaraknya sekitar 25 kilometer (km) atau dua jam perjalanan darat menuju Pelabuhan Ketapang. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan boat selama 40 menit.

Pulau ini memiliki enam desa, yaitu Pahawang, Suak Buah, Penggetahan, Jeralangan, Kalangan, dan Cukuh Nyai.

Baca juga: 10 Pantai Lampung yang Wajib Dikunjungi, Bisa Lihat Lumba-lumba Hingga Surfing

Pulau Pahawang juga terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pulau Pahawang Besar memiliki luas 1.000 hektar, dan dihuni lebih dari 300 kepala keluarga. Sementara Pulau Pahawang Kecil hanya berukuran sekitar 13 hektar, dan tidak berpenghuni.

Ada berbagai aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pulau Pahawang, seperti rekreasi pantai, memancing, snorkeling, hingga diving. Jika ingin berkunjung, ketahui beberapa penginapan yang dekat dari objek wisata di Pulau Pahawang.

1. Villa Andreas Resort Pulau Pahawang

Villa ini berjarak 1,4 km ke Pulau Pahawang dengan waktu tempuh sekitar empat menit jika berjalan kaki.

Tidak sekadar villa biasa, penginapan ini dibangun terapung di atas permukaan laut, sehingga biasa disebut sebagai ‘Maldives’ Provinsi Lampung.

Villa type Lombok di Andreas Resort, Pahawang, LampungDok. Andreas Resort Villa type Lombok di Andreas Resort, Pahawang, Lampung

Resornya juga memiliki konsep kekinian dengan bentuk bangunan ala rumah adat Indonesia, misalnya seperti tipe Lombok, Palembang, dan Manado. Masing-masing penginapan terhubung oleh jembatan kayu kecil.

Baca juga: Lampung Kembangkan Wisata Forest Healing

Beberapa penawaran menarik dari Andreas Resort, antara lain pemandangan lautan dangkal, terumbu karang, hingga menikmati sunset. Tamu resor juga bisa snorkeling, berenang, berjemur, atau naik perahu dayung di sekitar sini.

Dengan kapasitas lebih dari empat orang dan fasilitas lengkap seperti AC, water heater, dispenser, dan sarapan, kamar dibanderol seharga Rp 1,7 juta sampai Rp 3 juta per malam.

2. Villa Pahawang

Menurut laman resmi Villa Pahawang, ada sejumlah villa terintegrasi yang ditawarkan. Mulai dari Villa Lombok Pahawang, Villa Kembar Pahawang, Villa Panggung 1-3 Pahawang, Cottage, dan homestay Pahawang.

Cottage PahawangDok. Villa Pahawang Cottage Pahawang

Berlokasi di Pulau Pahawang, Jasa, Kabupaten Pesawaran, Lampung, penginapan ini dikatakan cukup terjangkau dengan fasilitas yang baik. Masing-masing Villa Pahawang memiliki jarak yang relatif dekat satu sama lain.

Baca juga: Villa Bamboo Sentul, Menginap Sambil Jajal Beragam Aktivitas Outdoor

Penginapan jenis termurah yaitu Homestay Pahawang tanpa AC kapasitas maksimal 18 orang adalah Rp 800.000 per malam. Hingga yang termahal penginapan dengan AC di Villa Lombok biayanya Rp 5,5 juta kapasitas empat orang. 

Lokasi semua villa ini cukup dekat dari Pulau Pahawang yaitu 1,5 - 2 km dengan waktu tempuh 5 - 10 menit berjalan kaki. Informasi lengkapnya bisa cek di sini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com