Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berencana Jalan-jalan? Simak Dulu Peruntungan 12 Shio Sepanjang 2022

Kompas.com - 18/01/2022, 17:37 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Prediksi dan keberuntungan setiap shio memang dapat berubah-ubah, termasuk dalam hal berwisata.

Untuk tahun Macan Air di 2022 ini, ada beberapa shio yang mendapat rekomendasi khusus terkait perjalanan atau traveling.

Istilah Ciong, secara luas dengan Clash dalam bahasa Inggris, memiliki arti bentrokan. Secara umum, Ciong diartikan sebagai sesuatu yang bersifat kontra, diibaratkan sebagai dua kutub yang bertabrakan dan terjadi perpaduan energi.

Senior Consultant dan Co-Founder Feng Shui Indonesia, Angelina Fang, menyebutkan bahwa setiap shio yang berjumlah 12 akan mengalami waktu bergiliran untuk mendapat Ciong (Clash).

"Ciong atau Clash ini berarti perubahan ya. Jadi bukan semata-mata sial. Ibaratnya kalo biasa di zona nyaman, saat ini dipaksa keluar dari zona itu. Sehingga dalam prosesnya mungkin agak kurang nyaman."

"Semua shio akan mengalami ini, bergiliran. Hal yang paling penting adalah saat menghadapinya (kita) sudah siap," jelas Angelina.

Baca juga: 12 Shio dan Cara Memaknai Dalam Kehidupan Masyarakat Tionghoa

Shio monyet, macan, ular, kuda, dan babi

Menurut Angelina, beberapa shio ini mendapat giliran Ciong selama 2022. Perubahan yang terjadi bisa bermacam-macam, seperti salah satunya pindah pekerjaan atau profesi.

"Jika setelah terjadi perubahan sedang tidak siap, jadi stres dan sebagainya, sebaiknya tidak traveling dulu," kata dia.

Apalagi, jika dalam satu keluarga kebetulan memiliki shio yang semuanya sedang mengalami Ciong.

Misalnya, jika orangtua memiliki shio babi, kakak memiliki shio monyet, dan adik memiliki shio ular. Ketika berada di satu kendaraan yang sama, umumnya resiko menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Imlek 2020 Tahun Tikus, Ini Asal Usul Munculnya Shio di China

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Angelina merekomendasikan wisata yang lebih praktis atau sederhana. Seperti di antaranya mal, tempat makan baru, kafe di dekat rumah, toko baru, atau menginap di hotel terdekat.

"Shio-shio ini yang sedang lelah dan stres kan juga butuh traveling, tapi kalau bisa jangan yang jauh-jauh. Meskipun staycation atau wisata yang dekat, pasti tetap bisa refreshing juga," ujar wanita yang berdomisili di Jakarta Utara ini.

Selain itu, ada potensi kebocoran biaya bagi beberapa shio tersebut. Sehingga, untuk shio monyet, macan, ular, kuda, dan babi sebaiknya bisa mengatur keuangan dengan lebih disiplin. Usahakan untuk menabung mulai sekarang, sehingga memiliki tabungan atau dana cadangan.

Shio kerbau, monyet, anjing, ayam, tikus, dan kelinci

Keenam shio ini disebut memiliki kesehatan yang agak kurang, terutama terkait perjalanan di tahun 2022.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Quanzhou, Kota Pelabuhan di China Warisan Dunia UNESCO Terbaru

Sehingga, Angelina menyarankan orang-orang dengan shio tersebut untuk lebih disiplin lagi dalam memerhatikan protokol kesehatan. Mulai dari masker, hand sanitizer, menjaga jarak, hingga lebih sering cuci tangan.

Kemudian, jika memang sedang tidak fit atau tidak enak badan sebaiknya tidak memaksakan diri bepergian ke luar rumah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com