Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megahnya Predjama, Kastel Terbesar Dunia yang Dibangun di Mulut Gua

Kompas.com - 18/01/2022, 18:06 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada kastel megah yang dibangun persis di mulut sebuah goa dengan ketinggian lebih dari 35 meter. Predjama adalah nama kastel yang berlokasi di Postojna, Slovenia.

Selain unik karena dibangun di mulut goa, Predjama juga dinobatkan sebagai kastel goa terbesar di dunia, oleh Guiness World Record.

Berdasarkan informasi yang beredar, kastel Predjama telah berdiri sejak abad ke-13 dan dibangun kembali dengan gaya Renaisans pada tahun 1570.

Predjama adalah salah satu kastel paling luar biasa di dunia. Bagaimana tidak? Melansir CNN Travel (18/1/2022), bangunan ini ada di mulut goa, tepatnya terletak di tengah tebing vertikal setinggi 123 meter.

Penjahat yang tewas di toilet

Di sebelah kastil dapat ditemukan sebuah toilet fenomenal dengan kisah kematiannya yang tak biasa.

Baca juga:

Konon katanya, di toilet tersebutlah seorang penjahat yang sedang melarikan diri dan bersembunyi di kastel ini, tewas terbunuh oleh sebuah meriam saat sedang buang air besar.

Erasmus adalah nama penjahat itu. Ia pernah menjadikan Kastel Predjama sebagai tempat persembunyian setelah membunuh seorang komandan tertinggi tentara kerajaan.

Sebagai pembalasan, Kaisar Habsburg Frederick III pun turun tangan langsung mengepung Predjama.

Ruangan di dalam gua Kastil Predjama, Slovenia Ruangan di dalam gua Kastil Predjama, Slovenia

Kendati demikian, lorong-lorong terowongan rahasia dalam goa kastel membantu Erasmus bertahan dalam pelariannya.

Tak hanya itu, Erasmus juga masih menyempatkan diri mengolok-olok lawannya dengan mengirimkan ceri segar menggunakan lorong bawah tanah tersebut.

Singkat cerita, setelah satu tahun dan satu hari bersembunyi, Erasmus pun dikhianati oleh seorang pelayan dan berakhir mengenaskan di toilet itu.

Keelokan Kastel Predjama

Legenda dan sejarah hanyalah sebagian dari daya tarik Kastel Predjama ini. Saat mendekati kastel, pengunjung mungkin hanya akan melihat bagian kecil saja. Padahal, penjaga di dalamnya bisa melihat siapa pun yang datang memasuki area tersebut.

Sekarang ini jika ingin memasuki kastil, pengunjung harus melewati jembatan gantung lantaran pintu masuk aslinya lebih tinggi dan baru bisa dicapai menggunakan anak tangga.

Baca juga: Mont Saint Michel di Perancis yang Jadi Inspirasi Kastel Film Tangled

Pertama-tama pengunjung akan memasuki ruang sidang, kemudian di balik pintu kayu tebal ada ruang penyiksaan yang uniknya terletak di ruang bawah tanah yang sangat luas. Lalu ada ruang makan dan dapur kecil, yang diselimuti oleh dinding yang sangat tebal.

Isi gudang senjata di Kastil Predjama SloveniaShutterstock/Matyas Rehak Isi gudang senjata di Kastil Predjama Slovenia

Naik ke lantai tiga, pengunjung bisa melihat sebuah ruang yang disebut "lubang pembunuhan", toilet fenomenal Erasmus, kamar tidur, ruangan penghangat, hingga tempat perapian.

Naik satu lantai lagi, akan ada loteng yang berfungsi sebagai barak dan pengintai. Untuk saat ini, Barak telah diubah menjadi museum gudang senjata yang memamerkan senjata abad pertengahan, seperti kapak perang, tombak, busur, dan cambuk.

Baca juga: 5 Tempat Vaksinasi Covid-19 Unik di Dunia, Ada Kastel Drakula

Tidak ada infrastruktur wisata di goa yang besar ini. Namun, kastel tetap terbuka untuk dikunjungi selama musim panas. Tentunya, wisatawan akan didampingi oleh pemandu profesional.

Sebagai informasi, goa dan kastil Predjama ditutup selama musim dingin karena sekumpulan kelelawar menggunakannya sebagai tempat untuk kawin dan berhibernasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com