Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Pendakian Gunung Tambora NTB Ditutup Mulai 24 Januari

Kompas.com - 21/01/2022, 08:53 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Jalur pendakian ke Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan ditutup mulai Senin (24/1/2022) akibat cuaca ekstrem.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Tambora, Yunaidi, mengatakan bahwa wilayah Bima dan Dompu berpeluang mengalami hujan lebat dalam jangka waktu yang panjang disertai petir dan hujan es, menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca juga:

"Memperhatikan kondisi cuaca tersebut, semua jalur pendakian Taman Nasional (Gunung) Tambora ditutup sementara mulai 24 Januari 2022 hingga batas waktu yang belum ditentukan," katanya, dikutip dari Antara, Kamis (20/1/2022).

Yunaidi menyebutkan empat jalur pendakian menuju Gunung Tambora, yaitu Jalur Doro Ncanga dan Pancasila di Kabupaten Dompu; serta Jalur Piong dan Kawinda Toi di Kabupaten Bima.

Post 3 di Gunung Tambora melalui jalur Doro Ncangan. SHUTTERSTOCK/HARRY HERMANAN Post 3 di Gunung Tambora melalui jalur Doro Ncangan.

Petugas, lanjutnya, akan siaga di resor masing-masing, khususnya di semua pintu masuk jalur pendakian. 

Meski jalur pendakian ditutup sementara, tempat wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora masih menerima kunjungan wisatawan.

Baca juga:

Melansir Kompas.com, Senin (11/5/2020), terdapat beragam tempat wisata di dekat Gunung Tambora. 

Beberapa di antaranya adalah Mata Air Oi Hodo (Mada Oi Hodo) yang cukup besar, Doro Ncanga di Kabupaten Dompu yang memiliki padang sabana, Sarae Nduha yang bisa dijadikan tempat menikmati lautan, dan Pelabuhan Doropeti yang datarannya berbentuk seperti bulan sabit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com