Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Terapkan Lagi Skema Turis Asing Bebas Karantina Per 1 Februari 2022

Kompas.com - 21/01/2022, 13:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Thailand's Centre for Covid-19 Situation Administration (CCSA) atau Pusat Administrasi Situasi Covid-19 menyetujui sejumlah kebijakan setelah pertemuan pada Kamis (20/1/2022).

Kebijakannya adalah kembali dimulai skema bebas karantina Test & Go, pembukaan kembali destinasi Pattaya dan Ko Chang Sandbox, sertapengenalan kembali Program Sandbox Extension mulai 1 Februari 2022 pukul 09.00 waktu Thailand.

Thailand Pass dibuka lagi untuk aplikasi Test & Go

Mulai 1 Februari 2022, 09.00 waktu Thailand, wisatawan yang sudah divaksinasi penuh dari negara mana pun dapat mengajukan Test & Go Thailand Pass 60 hari sebelumnya, melansir TAT Newsroom

Sementara itu, aturan dalam skema tetap tidak berubah. CCSA juga menyetujui syarat tambahan untuk memastikan tindakan pencegahan Covid-19 secara lebih ketat.

Syaratnya adalah semua aplikasi baru Test & Go harus menyerahkan bukti pembayaran di muka untuk dua malam terpisah dari akomodasi di hotel yang disetujui pemerintah.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Aneh dan Menarik yang Bisa Dikunjungi di Thailand

Izin yang diberikan khusus hotel dengan SHA Extra Plus (SHA++), AQ, OQ, atau AHQ pada hari ke-1 dan ke-5, serta biaya untuk dua tes RT-PCR pada hari ke-1 dan hari ke-5.

Lalu, pembayaran di muka untuk hari pertama harus mencakup akomodasi, tes, dan transportasi yang telah diatur sebelumnya dari bandara ke hotel.

Wisatawan bisa memesan dua hotel yang berbeda untuk akomodasi pada hari ke-1 dan ke-5. Namun, pada hari tersebut, mereka harus tinggal di dalam kamar untuk menunggu hasil tes RT-PCR.

Baca juga:

Sementara itu, wisatawan yang telah mengajukan atau mendapatkan kode QR Thailand Pass sebelum 22 Desember 2021 dengan jadwal kedatangan di Thailand mulai 24 Desember 2021 dan seterusnya, tetap wajib menjalani tes Covid-19 kedua menggunakan RT-PCR.

Tes dilakukan di fasilitas yang ditunjuk pemerintah pada hari ke 5-6 masa tinggal mereka di Thailand, atau saat mereka mengalami gejala pernapasan, tanpa biaya tambahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com