Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata Sekitar Puncak Argapura Ketep Pass Magelang

Kompas.com - 29/01/2022, 13:06 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Puncak Argapura Ketep Pass merupakan salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Kabupaten Magelang yang dikelilingi empat gunung, membuat obyek wisata ini mempunyai panorama alam yang unik. 

Mengutip Kompas.com, Kamis (27/1/2022), lokasi Puncak Argapura Ketep Pass berada sekitar 27 kilometer (km) dari Kota Magelang, dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Obyek wisata ini mengusung konsep perpaduan arsitektur Jawa dan Bali. Bangunan utamanya seperti rumah tradisional Bali, dilengkapi pendopo dan kolam ikan.

Sedangkan, nuansa Jawa tampak di bagian pendopo yang ada di area makan outdoor.

Menariknya, Puncak Argapura Ketep Pass ini berdekatan dengan obyek wisata lainnya. Jadi, wisatawan bisa mengunjungi lokasi lainnya usai puas menghabiskan waktu di Puncak Argapura Ketep Pass.

Baca juga: Puncak Argapura Ketep Pass, Wisata Kuliner dengan Panorama 5 Gunung

Berikut daftar wisata sekitar Puncak Argapura Ketep Pass:

1. Gardu Pandang Ketep

Daya tarik wisata (DTW) Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali Jumat, 26 Februari 2021.Dok. DTW Ketep Pass Magelang Daya tarik wisata (DTW) Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali Jumat, 26 Februari 2021.

Sebelum publik mengenal Puncak Argapura Ketep Pass, nama Gardu Pandang Ketep lebih dulu familiar di telinga wisatawan.

Lokasinya masih di dalam satu kompleks wisata Ketep Pass. Apabila naik mobil, wisatawan hanya membutuhkan waktu dua menit menuju Gardu Pandang Ketep Pass.

Dari Gardu Pandang Ketep Pass, wisatawan bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pengelola menyediakan dua buah gazebo untuk melihat dua gunung tersebut.

Selain Gardu Pandang, kompleks wisata Ketep Pass memiliki tempat wisata lainnya, antara lain Museum Vulkanologi dan Bioskop Mini.

Di Museum Vulkanologi, pengunjung dapat melihat miniatur Gunung Merapi. Tempat ini juga dilengkapi dengan dokumentasi Gunung Merapi, misalnya contoh batuan dari letusan Gunung Merapi dan aktivitasnya dari tahun ke tahun.

Sementara itu, di Bioskop Mini, pengunjung bisa menonton film dokumenter sejarah terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian di Puncak Garuda, dan letusan Gunung Merapi yang pernah terjadi.

Baca juga: Rute ke Puncak Argopura Ketep Pass dari Kota Magelang, Cuma 1 Jam

2. Tol Kahyangan Magelang

Tol Kahyangan di Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Tol Kahyangan di Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Tol Kahyangan ini berada di Desa Surodadi, Wonolelo, Sawangan, Kabupaten Magelang, atau kerap disebut Negeri Kahyangan. Melalui Jalan Magelang-Boyolali, jaraknya sekitar 6,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Alternatif lainnya, melalui Jalan Ketep- Kopeng. Jarak tempuhnya tidak jauh beda, yakni 18 menit.

Meskipun bernama Tol Kahyangan, lokasi ini tidak dilalui jalan tol. Nama Tol Kahyangan diberikan lantaran jalan ini berada di ketinggian bukit, jadi seolah menembus langit atau kahyangan.

Jalannya sendiri merupakan jalan beton belum beraspal, namun sudah dapat dilalui roda dua. Di sepanjang sisi kanan kiri jalan adalah area sawah dengan terasering.

Warga yang melintas juga dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Baca juga: Linggarjati Joglo, Penginapan Glamping Unik di Magelang

3. Air Terjun Kedung Kayang

Perjalanan menuju Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa TengahKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Perjalanan menuju Air Terjun Kedung Kayang, Magelang, Jawa Tengah

Jika wisatawan menuju Negeri Kahyangan dari Ketep Pass melalui Magelang-Boyolali, maka di tengah perjalanan akan menemukan Air Terjun Kedung Kayang.

Mengutip Kompas.com, Rabu (27/03/2012), Kedung Kayang merupakan air terjun yang masih alami. Namun, agar bisa tiba di lokasi air terjun, medan yang dilalui cukup terjal.

Meski sudah dicor, kondisi jalan cukup licin karena terdapat lumut tipis di atasnya. Untuk sampai di titik air terjun harus menyeberangi sungai, sehingga membutuhkan nyali cukup besar.

Ketika musim hujan, debit aliran sungai cukup deras, sehingga wisatawan harus hati-hati. 

Air terjun yang satu ini berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, tepatnya di Dusun Ngagrong, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Magelang.

Baca juga: 7 Tips Berkunjung ke Nepal van Java di Dusun Butuh, Magelang

4. Grojogan Kapuhan

Grojogan Kapuhan MagelangTribun Jogja/ Rendika Ferri K Grojogan Kapuhan Magelang

Lokasi wisata selanjutnya adalah Grojogan Kapuhan. Obyek wisata ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar sembilan menit dari Puncak Argapura Ketep Pass.

Mengutip TribunJogja, Kamis (01/10/2020) destinasi wisata ini berupa dam sungai yang memiliki aliran air sangat deras, sehingga menyerupai air terjun.

Uniknya, air di Grojogan Kapuhan tetap mengalir deras meskipun musim kemaran. Aliran air tersebut berasal dari Sungai Pabelan.

Obyek wisata ini tergolong baru. Lokasinya berada di Dusun Kapuhan, Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Tumpeng Menoreh, Jangan Lewat Magelang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com