Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Coumboscuro di Italia yang Ternyata Tidak Pakai Bahasa Italia

Kompas.com - 29/01/2022, 18:07 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Dijuluki sebagai "Provence Kecil-nya Italia", Sancto Lucio de Coumboscuro adalah desa yang berada di dekat perbatasan antara Piedmont, Italia dan Perancis.

Untuk mencapai desa ini, wisatawan harus terbang ke Turin lalu naik kereta api dan bus ke selatan Provence.

Wilayah di Italia yang tidak pakai bahasa Italia

Meski berada di Italia, bahasa resmi masyarakat Coumboscuro adalah Provençal, yaitu dialek neo-Latin abad pertengahan kuno dari Occitan. Bahasa ini digunakan di seluruh wilayah Occitania, Perancis.

Salah satu warga lokal bernama Agnes Garrone justru menganggap Provençal, yang sering dicirikan sebagai campuran antara bahasa Prancis dan Italia, sebagai bahasa ibunya, daripada bahasa Italia.

Mayoritas penduduknya adalah keluarga pengembala

Desa Coumboscuro merupakan desa yang cukup lambat hampir dalam segala hal, yang mana sebagian besar penduduknya berasal dari keluarga pengembala. Bahkan tak jarang ternak mereka diserang oleh gerombolan serigala liar.

Penduduk Coumboscuro sebagian besar adalah pengembalaTANGKAP LAYAR Coumboscuro Centre Prouvençal VIA CNN Penduduk Coumboscuro sebagian besar adalah pengembala

"Saya terbiasa bangun subuh untuk menggembalakan domba. Saya bekerja 365 hari per tahun, tidak ada hari libur. Saya tidak mengenal Natal atau Malam Tahun Baru, karena bahkan selama perayaan, ternak saya perlu makan dan dirawat," kata seorang pengembala lokal bernama Garrone, dikutip dari CNN Travel (24/1/2022).

Ia melanjutkan, kerja keras tersebut akan terbayar saat mereka melihat kelahiran anak dombanya.

Baca juga:

Di Coumboscuro, listrik sering padam hingga berminggu-minggu selama musim dingin. Koneksi internet pun sangat terbatas. Penduduk setempat menganut gaya hidup sederhana yang selaras dengan alam.

Padamnya listrik juga tidak menyebabkan kepanikan di sana. Sebab, mereka telah menyediakan lampu minyak di rumah masing-masing.

Ketenangan desa yang pas untuk beristirahat

Bentang alam Coumboscuro berupa padang rumput, pegunungan, dan ladang lavender ungu, sangat ideal bagi pengunjung yang mencari tempat peristirahatan. Bahkan ada pula pemandangan menakjubkan dari puncak Alpine yang membentang ke Cote dAzur.

"Pengunjung dipersilakan untuk tinggal bersama kami. Kami membutuhkan orang untuk menemukan dunia kami. Kami tidak ingin dilupakan dan kami memiliki begitu banyak warisan untuk dibagikan," kata Garrone.

Lupakan bar, supermarket, restoran, dan keramaian sosial apa pun karena di sini wisatawan bisa memulai akhir pekan mereka dengan berburu jamur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com