Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Puncak Argapura Ketep Pass dan Paket Wisatanya

Kompas.com - 01/02/2022, 09:09 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Puncak Argapura Ketep Pass merupakan tempat wisata kuliner yang berlokasi di Jalan Ketep Pass Dadap, Gondangsari, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. 

Tempat wisata ini bisa dibilang unik karena bangunannya yang didesain dengan gaya Jawa dan Bali. Ditambah lagi, lokasinya yang dikelilingi gunung dan lahan pertanian yang asri. 

Baca juga: Rute ke Puncak Argopura Ketep Pass dari Kota Magelang, Cuma 1 Jam

Arsitektur Puncak Argapura mirip sekali dengan bangunan tradisional Bali, halamannya dihiasi kolam ikan dan juga ada pendopo-pendopo yang bisa dipakai untuk bersantai sekaligus menikmati makanan. 

Harga tiket masuk Puncak Argapura Ketep Pass

Biaya masuk tempat wisata ini juga gratis dan tidak dipungut biaya apa pun. Pengunjung bebas berfoto di mana saja saat datang ke Puncak Argapura Ketep Pass. 

“Karena kita masih dalam penambahan area pembangunan dan dalam tahap uji coba, untuk tiket pengunjung gratis,” kata pemilik Puncak Argapura Ketep Pass Dwi Yatim Mantora kepada Kompas.com, Kamis (27/1/2022). 

Harga makanan Puncak Argapura Ketep Pass

Sebagai tempat makan dengan desain yang instagramable dan unik, harga makanan di Puncak Argapura cukup terjangaku. Pemilik yang biasa disapa Tora mengatakan, makanan di tempat ini murah dan tak akan membuat dompet kering. 

Baca juga: 7 Tempat Wisata Sekitar Puncak Argapura Ketep Pass Magelang

“Harga makanan murah, pengujung sudah bisa makan dan minum dari harga Rp 15.000 sampai Rp 35.000-an,” kata Tora.  

Pengunjung yang datang ke tempat ini juga tak hanya bisa makan-makan, tapi juga berwisata alam dan melakukan aktivitas seru. 

Harga paket wisata Puncak Argapura Ketep Pass

Ada empat paket yang ditawarkan dari Ketep Jeep Explorer, yakni short trip, medium trip 1, medium trip 2, dan cutom trips.

Bagi yang tertarik mencoba short trip, durasinya 1,5 jam sampai 2 jam dengan maksimal tiga orang biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 450.000. 

Puncak Argapura Ketep Pass.INSTAGRAM.com/DANARSIBOLANG_ Puncak Argapura Ketep Pass.

Dengan memilih short trip, wisatawan akan diajak jeep ke Lembah Gunung Merbabu, menjelajahi Dusun Gondangsari, Gintung, dan Puluhan. Mereka juga bisa mengujungi sisa lahar hujan Gunung Merapi, dan bisa melihat grojogan sungai. 

Baca juga: Puncak Argapura Ketep Pass, Wisata Kuliner dengan Panorama 5 Gunung

Kemudian harga untuk paket medium trip 1 adalah sekitar Rp 650.000 dengan durasi dua sampai tiga jam. Sama seperti paket pertama, jumlah maksimal adalah tiga orang.

Namun karena durasinya lebih lama, petualangan yang ditawarkan juga lebih banyak dan ada perbedaan tempat.

Nanti, wisatawan bisa menjelajahi Lembah Gunung Merbabu, wisata ke Air Terjun Kedung Kayang, melihat sisa lahar Gunung Merapi, dan yang terakhir ke grojogan sungai. 

Baca juga: Tempat Wisata Sekitar Tol Kahyangan Magelang, Hutan Pinus sampai Air Terjun

Selanjutnya untuk paket medium trip 2, biayanya sekitar Rp 750.000 untuk maksimal tiga orang saja. 

Durasinya lebih lama lagi, mulai empat sampai enam jam dan bisa mengunjungi kebun stroberi, Taman Nasional Gunung Merbabu, dan Hutan Pinus Ndoyo. 

Puncak Argapura Ketep PassInstagram @puncak_argapura_ketepass Puncak Argapura Ketep Pass

Paket yang terakhir adalah custom trips dengan harga Rp juta untuk maksimal tiga orang.  Durasinya sama seperti paket sebelumnya sekitar empat sampai enam jam

Ada beberapa pilihan, yakni pergi ke kebun stroberi, Taman Nasional Gunung Merbabu, Hutan Pinus Ndoyo, Wisata Gunung Gopek, Grojogan Kapuhan, dan ke puncak Argapura. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com