Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Seharian di Glodok, Cocok Dikunjungi Saat Libur Imlek

Kompas.com - 01/02/2022, 14:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perayaan Tahun Baru Imlek yang diperingati khususnya oleh warga Tionghoa jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022. 

Hari Raya Imlek telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari libur. Momen ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk kumpul bersana keluarga, beribadah, atau berwisata.

Jika ingin jalan-jalan sambil merasakan suasana Imlek yang kental, kamu bisa coba mengunjungi kawasan Pecinan di Glodok, Jakarta Barat.

Ada berbagai bangunan khas etnis Tionghoa dengan keunikan dan perjalanan sejarah yang lokasinya berdekatan, sehingga mudah dijangkau dalam waktu satu hari. 

Baca juga: 5 Wisata Jakarta yang Pas Dikunjungi Saat Imlek, Banyak Hiburan Menarik Khas China

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan selama satu hari di Pecinan, Glodok?

Berbelanja di Pasar Petak Sembilan

Kawasan Petak Sembilan, Jalan Kemenangan, Glodok, Jakarta Barat, Kamis (23/1/2020)KOMPAS.COM/CYNTHIA LOVA Kawasan Petak Sembilan, Jalan Kemenangan, Glodok, Jakarta Barat, Kamis (23/1/2020)

Pagi hari, kamu bisa menuju kawasan Petak Sembilan, salah satu tempat yang ramai didatangi masyarakat selama perayaan Imlek.

Berlokasi di Jalan Kemenangan Raya, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, area pasar khas Tionghoa ini dipenuhi oleh pedagang kaki lima dan ruko-ruko sepanjang jalan.

Ketika menyusuri jalanan pasar, kamu bisa dengan mudah menemukan aneka dagangan perlengkapan iImlek seperti lampion, dupa, angpau, baju Imlek, kue keranjang, camilan, hingga amplop angpau.

Baca juga: Menyusuri Petak Sembilan, Surganya Pasar Kuliner hingga Obat Herbal

Beberapa penjual di pasar ini juga menjajakan bahan-bahan rumah tangga lainnya seperti ikan, daging, maupun sayuran. 

Tak hanya itu, mengutip Kompas.com, ada beberapa penjual yang menyediakan daging swike atau kodok serta obat-obatan herbal dari China.

Menikmati kuliner Gang Gloria

Pemilik kedai kopi es Tak Kie, Latif Yunus Membawa secangkir kopi di kedainya di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Jumat (2/5/2014). Kedai kopi tua ini dirintis oleh Liong Kwie Tjong, kakek dari Latif Yunus sejak 1927KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pemilik kedai kopi es Tak Kie, Latif Yunus Membawa secangkir kopi di kedainya di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Jumat (2/5/2014). Kedai kopi tua ini dirintis oleh Liong Kwie Tjong, kakek dari Latif Yunus sejak 1927

Setelah lelah berbelanja atau melihat-lihat di Pasar Petak Sembilan, kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk makan siang. 

Tak jauh dari Petak Sembilan, sekitar 450 meter, ada pusat kuliner di sepenggal gang kecil yang disebut sebagai Gang Gloria.

Lokasi gang ini memanjang di bekas pertokoan Gloria yang kini menjadi Pancoran ChinaTown Point. Panjangnya dari tepi Jalan Pancoran menuju Pintu Besar mencapai 120 meter.

Jika ingin mencicipi aneka macam kuliner, kamu dapat menemukan beberapa toko atau kedai yang terkenal, melansir Harian Kompas.

Di antaranya seperti Kedai Kopi Es Tak Kie, Bakmi Amoy, Soto Betawi Nyonya Afung, Toko Kawi, hingga Rujak Shanghai.

Baca juga: 11 Tempat Kuliner di Petak Enam Glodok, Kuotie hingga Cempedak Legendaris

Untuk jenis makanannya, ada beragam hidangan halal untuk Muslim dan makanan non-halal khas Tionghoa di gang ini.

Mulai dari bakmi ayam, nasi hainan, kwetiau sapi, nasi campur, sop kambing, hingga bakmi babi, siomay babi, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com