Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Paket Bundling untuk Penonton MotoGP Mandalika

Kompas.com - 01/02/2022, 19:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan penyelenggara MotoGP Mandalika 2022 tengah menyiapkan skema bundling untuk para penonton yang hadir menyaksikan secara langsung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebutkan, MotoGP Mandalika diselenggarakan secara kolaboratif dan melibatkan berbagai pihak, seperti pemerintah pusat dan daerah, Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), serta pihak swasta.

Adapun skema bundling tersebut kemungkinan akan mencakup tiket menonton MotoGP, akomodasi, serta transportasi dari dan menuju The Mandalika.

Akomodasi yang disiapkan adalah hotel-hotel berbintang,
homestay milik masyarakat setempat, dan hunian di desa-desa wisata di Lombok.

"Penyiapan skema bundling ini juga berdasarkan minat pencinta balap Indonesia yang sangat tinggi untuk menyaksikan ajang motorsport nomor satu dunia ini," ucap Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (31/01/2022).

Baca juga:

Sandiaga berharap, skema bundling ini akan membuat para wisatawan semakin tertarik dan memudahkan mereka ketika memutuskan untuk menyaksikan perhelatan MotoGP secara langsung.

Seluruh pihak yang terlibat juga akan memetakan sebaran akomodasi di Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk memastikan tingkat okupansi untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan kamar hotel, homestay, dan sarhunta.

Opsi penambahan akomodasi yang disiapkan termasuk penyediaan hotel terapung berkolaborasi dengan PELNI, operator kapal pesiar, dan operator LoB/kapal phinisi, serta pemanfaatan hunian di sekitar Mandalika yang layak dan balai- balai pelatihan milik kementerian dan lembaga.

Camping ground juga akan disiapkan sebagai bagian dari kerja sama bersama operator seperti Eiger dan BoboBox.

Untuk sementara, camping ground rencananya akan dibangun di zona barat dan timur Mandalika, yang konsepnya tengah dimatangkan oleh pemerintah setempat.

Sandiaga memastikan, semua persiapan berjalan sesuai rencana.

"Semua dalam progress yang on track," ucapnya.

Baca juga: Jelang MotoGP, 226 Hotel di Gili Matra NTB Belum Dapat Pesanan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com