Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etika Kasih Uang Tip ke Karyawan Hotel, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 03/02/2022, 10:46 WIB
Desi Intan Sari,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat menginap di hotel, sebagian tamu ada yang memberikan uang tip kepada pegawai yang telah membantu, tapi ada juga yang tidak melakukannya. 

Tidak hanya itu, mungkin masih ada tamu yang bingung mengenai wajib atau tidaknya memberi tip ke karyawan hotel. 

Untuk diketahui, berdasarkan situs web https://kbbi.kemdikbud.go.id/, tip adalah persen yang diberikan, salah satunya ke karyawan hotel. 

Menurut Marketing Communications Leader YELLO Hotel Paskal Bandung, Ivan Rinaldi, sebenarnya memberi tip kepada karyawan hotel, dari front office sampai housekeeper, bukanlah hal yang wajib dilakukan. 

Walau tamu meminta atau mendapat bantuan, keputusan pemberian tip dikembalikan ke masing-masing tamu. 

Baca juga: 

“Memberikan tip kepada staf hotel itu sebenarnya tidak wajib dan tergantung tamunya juga,” jelas Ivan kepada Kompas.com, Rabu (2/2/2022). 

“Ada tamu yang memberikan tip setelah staf hotel memberikan bantuan, tapi ada juga yang tidak dan itu tidak apa-apa,” sambungnya. 

Apabila ada tamu yang memberikan tip, biasanya sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi kepada karyawan hotel atas bantuannya. 

Kalaupun ada tamu yang tidak memberikan tip, hal itu tidak menjadi masalah karena sudah menjadi tugas seorang karyawan hotel untuk memberikan pelayanan terbaik. 

Baca juga: Kenapa Tidak Ada Lantai 13 di Hotel? Ini Penjelasan Lengkapnya

Ilustrasi staycation di hotel. (Dok. Shutterstock/ De Boyloso) Ilustrasi staycation di hotel. (Dok. Shutterstock/ De Boyloso)

Lantaran tak menjadi sebuah kewajiban, nominal tip yang diberikan juga bebas. Tidak ada tarif khusus yang harus diberikan.

Ivan menambahkan, setiap tamu memberikan tip yang beragam jumlahnya. 

“Biasanya jumlahnya bervariasi, ada yang Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, berbeda-beda tamu memberikannya,” ungkapnya. 

Baca juga: 

Karyawan hotel, lanjutnya, juga tidak akan menutut berapa tip yang harus didapatkan dari tamu. Berapapun uang yang diberikan pasti akan diterima dengan senang hati. 

Ia menjelaskan, ada juga tamu yang memberikan tip berdasarkan seberapa berat pekerjaan yang dilakukan karyawan hotel. Saat mereka dimintai bantuan yang cukup berat, tamu biasanya memberikan tip yang lebih banyak.

Kendati demikian, hal tersebut tidak menjadi patokan, karena terkadang tip yang diberikan tamu juga tergantung dari kepuasan atas hasil pekerjaan yang dilakukan. 

Pada akhirnya, pemberian tip bergantung kepada setiap tamu, apakah ingin memberi atau tidak. 

Baca juga: Kenapa Check In Hotel Pukul 14.00 dan Check Out Pukul 12.00, Ini Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com