Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute ke Hutan Mangrove PIK, Bisa Naik Transjakarta

Kompas.com - 06/02/2022, 21:01 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk menawarkan pemandangan hijau nan asri yang jarang ditemukan di DKI Jakarta.

TWA Mangrove Angke Kapuk, atau lebih dikenal dengan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) berada di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Obyek wisata ini merupakan bagian dari kawasan hutan Angke Kapuk yang menjadi ekosistem mangrove.

Pengunjung dapat menikmati panorama hutan mangrove, serta berbagai wisata air yang tersedia. Lokasi kawasan hijau seluas 99,82 hektar ini bersebelahan dengan kawasan elit Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Penginapan di Hutan Mangrove PIK

Jadi, rute menuju ke Hutan Mangrove PIK terbilang mudah untuk dikunjungi, baik melalui akses tol dalam kota maupun dengan transportasi umum seperti Transjakarta.

Rute ke Hutan Mangrove PIK via tol dalam kota

Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi bisa memilih jalur tol dalam kota atau Jakarta Inner Ring Road.

Saat berada di tol dalam kota, ambil arah ke utara melalui Jalan Tol Wiyoto-Wiyono. Setelah berjalan kurang lebih 5 kilometer dan menemukan pertigaan, maka ambil jalur kiri untuk melanjutkan di Jalan Tol Pelabuhan.

Tour Mangrove di Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk, Jakarta UtaraDok. https://www.jakartamangrove.id Tour Mangrove di Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk, Jakarta Utara

Ikuti rambu ke Ancol/Pluit/Tangerang/Soekarno-Hatta Airport. Tetap berada di jalur ini sekitar 14 kilometer. Sepanjang jalur ini, kamu akan melewati Jakarta International Stadium (JIS) dan Taman Impian Jaya Ancol.

Baca juga: Rute dan Aktivitas Wisata di Pantai Pasir Putih PIK 2

Selanjutnya, teruskan perjalanan di Airport Toll Road atau Jalan Tol Sedyatmo. Setelah berjalan kurang lebih 700 meter, ambil jalan keluar menuju PIK/Kapuk Muara melalui Jalan Pantai Indah Selatan.

Tetap berada di Jalan Pantai Indah Selatan, sampai melewati Alfamart Pantai Indah Selatan di sebelah kiri. Selanjutnya, sebelum Jembatan Kapuk belok kanan menuju Jalan Pantai Indah Utara Sektor Timur.

Sampai di perempatan, belok kanan menuju Jalan Pantai Indah Utara VII. Terus berada di Jalan Pantai Indah Utara VII hingga menemukan bundaran.

Baca juga: 6 Aktivitas Menarik Saat Wisata ke Grand Maerakaca, Jelajah Hutan Mangrove

Di bundaran, ambil jalur ketiga menuju Jalan Pantai Indah Utara I. Selanjutnya, tujuan kamu Hutan Mangrove PIK berada di sebelah kiri.

Rute ke Hutan Mangrove PIK naik Transjakarta

Wisatawan dapat menggunakan Transjakarta untuk menuju ke Hutan Mangrove PIK. Sebagai patokan titik awal perjalanan, kamu bisa memilih Halte Transjakarta Monas.

Pertimbangannya, perjalanan ke Hutan Mangrove PIK dari Halte Transjakarta Monas dapat ditempuh dalam satu rute bus, alias tidak perlu transit pindah bus.

penginapan di  di Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk. Dok. https://www.jakartamangrove.id penginapan di di Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk.

Dari Halte Transjakarta Monas, wisatawan bisa menaiki Transjakarta 1A rute Monas-PIK. Estimasi waktu tempuh kurang lebih satu jam dengan melalui 23 titik pemberhentian.

Baca juga: 5 Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, Mana yang Favorit?

Namun, sekali lagi kamu tidak perlu transit atau pindah bus. Cukup duduk manis, maka kamu akan sampai pada halte pemberhentian akhir dari rute tersebut, yakni Halte Yayasan Buddha Tzu Chi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com