Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Gunung Kemukus Sragen

Kompas.com - 07/02/2022, 16:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comGunung Kemukus dahulu memang memiliki stigma negatif, yakni sebagai tempat ritual dengan praktik seks terselubung.

Namun, kini Gunung Kemukus sudah berubah menjadi tempat wisata instagramable yang dikunjungi banyak orang setelah direvitalisasi.

Kompas.com sempat berkunjung ke sana pada Sabtu (5/2/2022) pada malam hari. Ternyata, ada banyak orang yang mengunjungi Gunung Kemukus.

Baca juga: Gunung Kemukus, Kini Tempat Wisata Instagramable yang Ramai Pengunjung

Gunung Kemukus tepatnya berlokasi di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Lokasinya mudah dijangkau dari Kota Solo. Jaraknya dari Kota Solo hanya sekitar 29 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Harga tiket masuk dan jam buka Gunung Kemukus

Ramainya wisata Gunung Kemukus bukan tanpa sebab. Harga tiketnya yang sangat terjangkau membuat tempat ini bisa dikunjungi berbagai kalangan.

Tiket masuk ke Gunung Kemukus yang makin instagramable dengan lampu-lampu tamannya tetap terjangkau.

Jika ingin berkunjung ke Gunung Kemukus, maka harga tiket masuknya adalah Rp 5.000 per orang. Harga itu berlaku bagi anak-anak dan orang dewasa, serta saat hari biasa maupun akhir pekan.

Baca juga: Rute ke Gunung Kemukus dari Kota Solo, Hanya Satu Jam

Selain tiket masuk, wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan bermotor. Untuk sepeda motor, tarifnya Rp 2.000 sampai Rp 3.000.

Jika sudah membayar tiket masuk dan parkir, siapkan pula uang untuk membeli jajanan yang dijual di samping jalur dek khusus pejalan kaki.

Jam buka Gunung Kemukus

Berkunjung ke Gunung Kemukus bisa dilakukan pada pagi atau malam hari. Jika datang malam hari, cahaya lampu taman membuat tempat ini makin indah.

Suasana di wisata Gunung Kemukus Sragen yang ramai pada akhir pekan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Suasana di wisata Gunung Kemukus Sragen yang ramai pada akhir pekan.

Pengunjung bisa datang ke Gunung Kemukus kapan saja selama 24 jam. Itu karena tempat ini juga merupakan lokasi ziarah ke Makam Pangeran Samudra.

Baca juga: Desa Wisata Sangiran di Sragen Punya Situs Sejarah yang Diakui UNESCO

Namun, jika ingin datang pada malam hari, jangan terlalu malam karena lampu taman di Gunung Kemukus akan dimatikan pukul 22.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com