Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Likupang Sulawesi Utara Jadi Lokasi Side Event W20 Indonesia

Kompas.com - 11/02/2022, 06:37 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS - Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, terpilih menjadi lokasi side event W20 pada 14 - 16 Februari 2022.

Untuk diketahui, W20 atau Women20 merupakan bagian dari perhelatan G20 yang fokus pada kesetaraan gender.

Adapun G20 adalah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia, yaitu 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/1/2022), Indonesia menjadi Presidensi G20, atau tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, pada 1 Desember 2021 - 30 November 2022.

Baca juga:

Chair W20 Indonesia 2022, Hardiani Uli Silalahi, mengatakan bahwa W20 akan menggelar sejumlah side events di beberapa destinasi wisata. 

"Sesuai dengan anjuran pemerintah ya, bahwa kita harus menciptakan destinasi-destinasi wisata selain dari Bali. Di Indonesia itu banyak sekali (destinasi wisata), bukan hanya Bali saja. Jadi tentu kami memilih dua destinasi prioritas, yang pertama adalah di Likupang dan nanti ditutup juga dengan destinasi prioritas, yaitu di Danau Toba," kata Hardiani kepada Antara, Kamis (10/2/2022).

Wisatawan sedang menyelam di Desa Wisata Bahoi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Wisatawan sedang menyelam di Desa Wisata Bahoi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Likupang menawarkan wisata bahari berkat panorama bawah laut dan pantainya. Tempat ini menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang telah ditetapkan sebagai destinasi super prioritas (DSP).

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Sabtu (24/8/2019), beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Pantai Sampirang, Pantai Pulisan, dan Ekowisata Bahoi. 

Baca juga:

Selain Likupang, side events W20 Presidensi Indonesia juga diadakan di beberapa tempat. Berikut daftarnya:

  • Batu, Jawa Timur, dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Maret 2022.
  • Manokwari, Papua Barat, pada Mei 2022.
  • Danau Toba, Sumatera Utara, pada Juli 2022.
  • Denpasar, Bali, pada September - Oktober 2022.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com