BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif

4 Destinasi Berikut Bisa Jadi Tempat Spesial Melamar Pasangan, seperti Apa Keindahannya?

Kompas.com - 14/02/2022, 12:20 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melamar pasangan merupakan salah satu momen penting dalam hidup seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan dengan cara spesial di tempat istimewa agar berkesan seumur hidup.

Tak perlu jauh hingga ke luar negeri, kamu bisa melakukannya #DiIndonesiaAja. Sebab, ada empat destinasi dengan pesona keindahan alam yang cocok untuk membangun suasana romantis.

Seperti apa keindahan empat destinasi itu? Berikut rangkumannya.

1. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kepulauan Seribu yang berada di utara Jakarta bisa jadi lokasi apik untuk melamar pasangan. Pasalnya, kawasan ini menyimpan keindahan alam dengan barisan pulau yang menawan.

Baca juga: Pas bagi Pengantin Baru, Berikut 4 Destinasi Romantis untuk Honeymoon #DiIndonesiaAja

Pulau yang diklaim sebagai miniatur Maldives atau Maladewa ini menyuguhkan suasana eksklusif dan privat sehingga cocok untuk melamar pasangan.Dok. Indonesia Travel Pulau yang diklaim sebagai miniatur Maldives atau Maladewa ini menyuguhkan suasana eksklusif dan privat sehingga cocok untuk melamar pasangan.

Pemandangan laut biru, pantai berpasir putih, serta terumbu karang bawah laut menjadi daya tarik utama Kepulauan Seribu. Kamu bisa mengajak pasangan untuk singgah ke beberapa gugusan pulau sekaligus untuk menghabiskan waktu bersama.

Salah satu pulau yang patut disambangi adalah Pulau Macan. Pulau yang diklaim sebagai miniatur Maldives atau Maladewa ini menyuguhkan suasana eksklusif dan privat sehingga cocok untuk melamar pasangan.

Untuk diketahui, Pulau Macan hanya memiliki satu resor yang dikelola dengan prinsip ramah lingkungan. Pengunjung yang datang ke pulau ini dibatasi demi menjaga kelestarian ekosistemnya. Tak heran, air laut di Pulau Macan tetap jernih sehingga pengunjung dapat leluasa melihat terumbu karang yang indah.

Jelang matahari terbenam, suasana di Pulau Macan semakin memukau berkat lembayung senja. Kamu pun bisa mengajak pasanganmu untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius saat cahaya senja mulai memenuhi langit Pulau Macan biar suasana makin dramatis.

Baca juga: Wow! Ubud Jadi Kota Ke-4 Terbaik Sedunia, Kalahkan Kyoto dan Tokyo

Pada malam hari, kamu dan pasangan bisa menikmati pemandangan laut yang indah dari balkon cottage sembari candle light dinner.

Pulau lain yang tak kalah menarik untuk dijadikan tempat melamar adalah Pulau Pelangi. Di pulau ini, kamu akan mendapati suasana tenang dengan lautan biru nan jernih.

Begitu sampai di Pulau Pelangi, kamu dan pasangan akan larut dalam keheningan yang menenteramkan tanpa gangguan. Berbagai aktivitas bersama pasangan pun bisa dilakukan di sana, seperti diving, snorkeling, memancing, atau sekadar menyusuri pulau di pantai berpasir putih.

Bila ingin menggelar dinner romantis, Pulau Pantara juga bisa masuk dalam bucket list. Dengan pemandangan laut yang apik, kamu bisa memberikan surprise pada pasangan berupa cincin tunangan pada momen tersebut.

Baca juga: 5 Wisata Kuliner di Jabodetabek, Mana Paling Seru?

Bukit Alesano, Puncak, BogorDok. Bukit Alesano Official Bukit Alesano, Puncak, Bogor

2. Puncak Bogor, Jawa Barat

Tak jauh dari Jakarta, kamu bisa juga memilih Puncak, Bogor, Jawa Barat (Jabar) sebagai lokasi untuk melamar pasangan. Berada di ketinggian 1.300-an meter di atas permukaan laut, kawasan ini memiliki hawa sejuk dan pemandangan asri.

Kawasan Puncak menyuguhkan pemandangan kebun teh dan Gunung Gede Pangrango. Sepanjang perjalanan, kamu dan pasangan akan terhipnotis dengan lanskap tersebut.
Sebagai referensi, kamu bisa menyambangi Melrimba Garden di kawasan Puncak Pass, Bogor.

Di sana, kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu sembari menyusuri hamparan kebun teh dan hutan pinus yang masih asri. Udara yang masih segar menambah suasana makin romantis. Belum lagi bila kabut tipis mulai turun.

Tak hanya itu, di Melrimba Garden, kamu dan si dia juga bisa melihat aneka tanaman hias. Hamparan bunga yang indah di taman ini bisa jadi saksi bisu momen penting dua sejoli yang hendak memantapkan hubungan.

Baca juga: 5 Spot Wisata dengan Pemandangan Luar Biasa di Bintan

Referensi berikutnya, kamu bisa mengajak pasangan ke Bukit Alesano. Bukit ini terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Dari puncak bukit, kamu dan pasangan dapat menikmati keindahan alam dan lanskap Gunung Pangrango. Sawah dan perbukitan di area bawah kawasan ini pun memanjakan mata.

Sebaiknya, pilih waktu sore hari untuk mengunjungi bukit itu. Pasalnya, kamu dan pasangan dapat menikmati cahaya senja. Kemudian, pada malam hari, kamu bisa melamar pasangan sembari menyaksikan gemerlap lampu Kota Bogor yang tampak berkilauan dari ketinggian.

Kamu pun bisa memanfaatkan spot-spot instagrammable di Bukit Alesano untuk mengabadikan momen penting berdua.

Baca juga: Catat di Bucket List, Berikut 4 Desa Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Panorama matahari terbit yang disajikan Punthuk Setumbu dengan siluet Candi Borobudur yang tersembunyi di antara dedaunan dan kabut pagiDok. Shutterstock Panorama matahari terbit yang disajikan Punthuk Setumbu dengan siluet Candi Borobudur yang tersembunyi di antara dedaunan dan kabut pagi

3. Kawasan Borobudur, Jawa Tengah

Kawasan Borobudur di Jawa Tengah (Jateng) juga bisa jadi destinasi pilihan untuk melamar pasangan. Di kawasan sarat sejarah ini, kamu bisa melamar pasangan dengan konsep unik, yakni pada pagi hari menjelang matahari terbit.

Kamu bisa menjalankan “misi” penting dengan konsep tersebut di Punthuk Setumbu, Magelang. Suasana pagi hari di destinasi yang juga menjadi lokasi syuting film Ada Apa dengan Cinta 2 ini sangat romantis dengan latar Candi Borobudur yang tengah berkabut.

Panorama matahari terbit yang disajikan Punthuk Setumbu memang menawan. Dari puncak bukit, kamu dan pasangan bisa melihat siluet Candi Borobudur yang tersembunyi di antara dedaunan dan kabut pagi. Pada momen indah inilah, kamu bisa melamar kekasih.

Agar tetap romantis, kamu bisa mengajak pasangan bersepeda ontel ke Candi Borobudur sambil menyusuri keindahan desa di area Punthuk Setumbu. Sepeda ini dapat disewa dari penduduk setempat.

Baca juga: Masyarakat Desa di Bali Ini Punya Tradisi Rutin Mengenang Jasa Pahlawan

Sepanjang perjalanan ke arah Candi Borobudur, ada beberapa desa yang dapat disinggahi. Salah satunya, Desa Wanurejo. Desa ini memiliki potensi wisata yang lengkap, mulai dari artefak candi, seni dan budaya, rumah adat, hingga alam yang masih hijau.

Pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer (km) dengan pasir putih yang unik. Ada dua jenis pasir di pantai ini, yaitu pasir halus seperti tepung dan pasir bertekstur seperti merica.Dok. Indonesia Travel Pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer (km) dengan pasir putih yang unik. Ada dua jenis pasir di pantai ini, yaitu pasir halus seperti tepung dan pasir bertekstur seperti merica.

4. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Bila pasanganmu menyukai ajang balap MotoGP, Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), sepertinya harus menjadi destinasi wajib untuk menyatakan keseriusan. Pasalnya, kawasan tersebut akan menjadi tuan rumah balapan motor paling bergengsi di dunia pada 18-20 Maret 2022.

Ajakan menonton langsung MotoGP akan membuat pasanganmu terharu. Sebab, ia bisa melihat dari dekat aksi Marc Marquez, Fabio Quartararo, Joan Mir, dan Pecco Bagnaia. Ketika matanya berkaca-kaca karena menonton pebalap pujaannya, saat itu pula kejutkan pasanganmu dengan ajakan menikah. Siapa tahu, momen melamar itu tertangkap kamera siaran langsung dan menjadi kesan seumur hidup.

Selain ajang balap MotoGP, kamu dan pasangan juga dapat menikmati surga tersembunyi di sekitar Mandalika. Destinasi ini menawarkan banyak keunikan dan pesona alam. Tak heran, Mandalika masuk sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang ada #DiIndonesiaAja.

Baca juga: Akhir Tahun, Waktu yang Tepat Berkunjung ke Taman Nasional dan Kebun Raya di Bali

Salah satu destinasi favorit di Mandalika adalah Bukit Merese. Bukit ini merupakan lokasi strategis untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Menariknya, lanskap Bukit Merese tepat mengelilingi Pantai Tanjung Aan yang berjarak hanya 900 meter.

Salah satu destinasi favorit di Mandalika adalah Bukit Merese. Bukit ini merupakan lokasi strategis untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam. Menariknya, lanskap Bukit Merese tepat mengelilingi Pantai Tanjung Aan yang berjarak hanya 900 meter.

Pada spot tersebut, wisatawan bisa menyaksikan panorama laut biru yang terbentang dengan pasir putih di sepanjang Pantai Tanjung Ann.

Untuk diketahui, Pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer (km) dengan pasir putih yang unik. Ada dua jenis pasir di pantai ini, yaitu pasir halus seperti tepung dan pasir bertekstur seperti merica.

Baca juga: Sederet Pengalaman Seru Berwisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Lanskap menawan Pantai Tanjung Ann di Lombok Dok. Indonesia Travel Lanskap menawan Pantai Tanjung Ann di Lombok

Dengan ombak yang bergulung-gulung, Pantai Tanjung Ann juga menjadi salah satu pantai favorit para peselancar.

Itulah empat destinasi dengan pesona keindahan alam indah yang cocok untuk melamar pasangan #DiIndonesiaAja. Sebelum mengajak pasangan pelesiran ke destinasi-destinasi menarik di Indonesia, pastikan kamu dan pasangan sudah divaksin minimal dua dosis.

Hal itu penting karena vaksinasi dapat melindungi diri dan orang terdekat dari Covid-19 serta menjadi syarat utama untuk bepergian menikmati panorama indah #WonderfulIndonesia.

Pastikan pula destinasi dan penginapan yang dipilih sudah tersertifikasi Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability (CHSE). Untuk mengetahuinya, kamu dapat mengunjungi laman indonesia.travel.

Baca juga: Dear Pemuda, Berani Coba 7 Aktivitas Ekstrem di Bali Berikut?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, guna membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), pemerintah telah melakukan berbagai upaya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menggenjot sertifikasi CHSE terhadap pelaku industri parekraf. Hasilnya, sebanyak 6.700 industri telah tersertifikasi CHSE pada 2021.

Selain sertifikasi CHSE, Kemenparekraf juga sudah menyiapkan strategi pengembangan destinasi pariwisata agar memiliki outstanding value proposition dan berdaya saing.

Strategi tersebut terdiri dari menjunjung lokalitas, inklusivitas, dan prinsip berkelanjutan. Dengan strategi ini, ekosistem pariwisata yang terintegrasi dapat terwujud dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Baca juga: Mengintip Pesona Desa Penglipuran di Bali, Desa Terbersih Ketiga di Dunia

Terkait perluasan lapangan kerja, Kemenparekraf mendorong berbagai pihak, terutama pemerintah daerah, untuk mengoptimalkan sektor parekraf di setiap daerah. Menparekraf pun menyatakan siap mendukung secara penuh pengembangan destinasi serta desa wisata.

"Mudah-mudahan, (optimalisasi sektor parekraf dan desa wisata) dapat membangkitkan ekonomi Indonesia sehingga membangun kesejahteraan untuk masyarakat,” kata Menparekraf seperti dikutip dari laman Kemenparekraf.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi seputar pariwisata dan berbagai produk ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja, kamu bisa mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia. Selain informasi terkini, kamu bisa pula mengikuti program berhadiah Pesona Punya Kuis (PUKIS) dengan total hadiah senilai jutaan rupiah yang digelar Kemenparekraf.

Cara mengikutinya cukup mudah, yakni dengan menjawab satu pertanyaan yang diberikan melalui akun Instagram tersebut, dan tag tiga orang teman.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com