Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Mal Luas dan Mewah di Jawa Timur, Ada yang Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 14/02/2022, 17:05 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Provinsi Jawa Timur ternyata memiliki banyak pusat perbelanjaan yang tak kalah lengkap dan luas dari mal-mal di Jakarta. 

Bahkan, mal terbesar di Indonesia bukan berada di Jakarta yang terkenal akan pusat perbelanjaannya yang besar, tapi ad di Surabaya, Jawa Timur. 

Penasaran dengan mal-mal di sekitar Jawa Timur yang luas dan punya fasilitas lengkap ada di mana saja, berikut ini Kompas.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Baca juga: 5 Hotel Dekat Tunjungan Plaza Surabaya, Harga Mulai Rp 200 Ribuan

1. Pakuwon Mall, Surabaya

Mal terbesar di Indonesia bernama Pakuwon Mall ini, berlokasi di Jalan Mayjen Yono Suwoyo Nomor 2, Babatan, Wiyung, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pusat perbelanjaan ini diketahui selalu ramai pengunjung dan sudah berdiri sejak 2003 lalu, dikutip dari situs resminya.

Atrium Pakuwon Mall SurabayaDokumentasi Pakuwon Jati Atrium Pakuwon Mall Surabaya

Luas tanah yang digunakan untuk membangun pusat perbelanjaan ini mencapai 30 hektar, sangat luas jika ingin mengitarinya. Nama awalnya adalah Supermal Pakuwon Indah, lalu diresmikan dengan nama Pakuwon Mall pada Februari 2017. 

 Baca juga: 13 Tempat Wisata di Malang untuk Liburan Seru Bersama Keluarga

Sebagai mal dengan standar internasional yang mewah, bangunannya dirancang oleh DP Architect Singapore. Selama pandemi ini, jam bukanya dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

2. Mall Olympic Garden, Kota Malang

Mall Olympic Garden Malang bisa disebut sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar di pusat Kota Malang, Jawa Timur. Pusat perbelanjaan empat lantai ini bersebelahan dengan Stadion Gajayan jadi cukup ramai dikujungi orang. 

Mall Olympic Garden.TRIBUN MADURA/AMINATUS SOFYA Mall Olympic Garden.

Lantaran letaknya yang ada di pusat kota, Mall Olympic Garden Malang sering dijadikan lokasi untuk menggelar acara musik hingga fashion. Tenant di mal ini juga lengkap, ada berbagai restoran terkenal dan juga store fashion dari sejumlah merek ternama.

Baca juga: 8 Wisata Malam di Malang dan Batu yang Populer dan Instagramable

Lokasinya Mall Olympic Garden ada di Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur dan buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com