Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Alam Bandung, Banyak Tempat Camping yang Unik dan Indah

Kompas.com - 15/02/2022, 18:06 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wisata alam di kawasan Bandung, Jawa Barat, memang tak pernah membuat wisatawan bosan karena ada banyak tempat yang bisa dijelajahi. 

Setiap tempat wisata alam di Bandung memiliki keunikan dan daya tarik masing-masing yang membuat orang-orang selalu ingin datang lagi dan lagi.

Berikut ini Kompas.com telah merangkum daftar tempat wisata alam di Bandung yang punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan serta wajib untuk dikunjungi saat liburan. 

Baca juga: 7 Oleh-oleh Kekinian Bandung, Ada Berbagai Jenis Cake dan Kopi

1. Ranca Upas

Wisata alam yang satu ini menawarkan panorama perbukitan yang indah, dan punya daya tarik berupa adanya hewan-hewan yang berkeliaran bebas. 

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas, salah satu tempat camping di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.SHUTTERSTOCK/AKBARABAY Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas, salah satu tempat camping di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan Nomor Km 11, Patengan, Rancabali, Bandung. Tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata untuk rombongan keluarga. 

Aktivitas yang bisa dilakukan adalah berkemah, outbound, mandi di kolam air panas, dan melihat rusa-rusa yang ada di penangkaran. 

Baca juga: 10 Kafe Instagramable Dago Bandung, Bisa untuk Nongkrong dan Kerja

Sambil melihat para rusa, wisatawan bisa memberi makan berupa sayuran atau rumput yang bisa menjadikan pengalaman ini sangat menyenangkan, khususnya bagi anak-anak. 

2. Tahura Ir H Djuanda

Mencari tempat wisata alam yang masih asli dan asri, kamu bisa mencoba datang ke Taman Hutan Raya Ir H Djuanda atau Tahura Djuanda.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.Instagram @tahuradjuanda.official Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Taman yang berlokasi di Kompleks Tahura, Jalan Ir H Juanda Nomor 99, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat ini merupakan kawasan konservasi yang dilindungi. 

Luasnya sekitar 526,98 hektar dengan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah berupa hutan pinus, sungai dan juga air terjun, dikutip dari situs resminya

 Baca juga: 12 Kafe Instagramable di Bandung, Ada Kafe Bergaya Meksiko

Tempat ini merupakan bagian dari daerah Cekungan Bandung yang punya latar belakang sejarah erat dengan zaman purba.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com