Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Negara Terindah di Dunia, Ini 7 Keindahan Alamnya

Kompas.com - 17/02/2022, 20:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Indonesia mendapatkan peringkat pertama sebagai negara dengan keindahan alami di dunia versi media Inggris, Money.co.uk. 

Dalam laporan tersebut, Indonesia mendapatkan skor 7,77 dari total 10 poin, sehingga mengalahkan negara-negara lain yang juga terkenal akan keindahan alamnya, seperti Selandia Baru.

Laporan keindahan alami sejumlah negara di dunia ini ditulis penulis sekaligus Personal Finance Editor Sal Haqqi.

Baca juga: Indonesia Masuk Daftar Negara Terbaik untuk Remote Working 2022

Ditetapkannya Indonesia sebagai negara terindah ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, di setiap 100.000 kilometer persegi di wilayah Indonesia, terdapat keindahan alam seperti pegunungan, gunung berapi, terumbu karang, hutan tropis, atau gletser.

Metodologi dan faktor keindahan alam yang dinilai

Mengutip laman Money.co.uk, Kamis (17/2/2022), 50 negara yang ada dalam daftar tersebut dianalisis berdasarkan tujuh faktor.

Setiap faktor dihitung per 100.000 kilometer persegi (dengan angka luas lahan yang bersumber dari World Bank). Sebelum diberi skor normal 10 poin untuk setiap faktor, lalu diambil skor rata-rata dari ketujuh faktor.

Baca juga: 10 Pulau Terkecil di Dunia, Ada Tempat Doa di Pulau Simping Indonesia

Berikut beberapa faktor keindahan alam yang dinilai, serta alasan Indonesia memperoleh posisi pertama.

1. Gunung berapi

Jumlah gunung berapi yang dihitung dalam daftar ini adalah berasal dari Oregon State University’s Volcano Table.

Lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad Lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad

Tabel ini menyebutkan Indonesia memiliki 45 gunung berapi. Melansir Kompas.com, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak.

Beberapa gunung berapi yang ada di Indonesia seperti Gunung Agung, Gunung Anak Krakatau, Gunung Bromo, Gunung Batur, Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Sinabung, dan masih banyak lagi.

2. Pegunungan

Faktor ini menunjukkan jumlah puncak yang didefinisikan sebagai 'ultra', atau yang memiliki ketinggian di atas 1.500 meter, menurut laman Peaklist’s World Ultras.

Pemandangan Pegunungan Tengger di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.Indonesia.Travel Pemandangan Pegunungan Tengger di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Dalam laman Peaklist’s World Ultras, disebutkan bahwa Indonesia memiliki sekitar 86 gunung dengan ketinggian lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Mengutip Kompas.com, salah satu yang terkenal dan juga menjadi gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Puncak Jaya di Papua. Dengan ketinggian 4.884 mdpl, gunung bersalju ini menjadi kawasan Situs Warisan Dunia dari UNSECO.

Selanjutnya, ada Gunung Puncak Mandala, Gunung Puncak Trikora atau Wilhelmina, Gunung Engga Pilimsit, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, Gunung Semeru, dan lain-lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com