Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geosite Open Pit Nam Salu, Bisa Jadi Alternatif Wisata Saat KTT G20

Kompas.com - 27/02/2022, 17:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Geosite Open Pit Nam Salu merupakan destinasi wisata sejarah tambang timah terbuka yang terdalam dan terbesar di Asia Tenggara yaitu sekitar 100 meter. Geosite ini berlokasi di Desa Senyubok, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur.

Melansir laman resmi Open Pit Nam Salu Geosite, selama operasi komersil penambangannya pada tahun 1980-1993, mereka telah memproduksi 500 ribu ton bijih timah dengan kadar 2 persen.

Ini merupakan endapan bijih timah primer terbesar dalam satu cebakan yg pernah ditemukan.

Baca juga:

Pada Sabtu (26/02/2022) kemarin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan peninjauan ke geosite yang berlokasi di Kabupaten Belitung Timur itu.

"Formasi Bebatuan Kelapa Kampit ini terbentuk 300 juta tahun yang lalu. Jadi sebelum zaman Jurassic, boleh dibilang inilah site tertua," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (27/02/2022).

Wisata Geosite Open Pit Nam Salu di Belitung TimurDok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisata Geosite Open Pit Nam Salu di Belitung Timur

Sandiaga mengungkapkan, wisata berbasis heritage yang ada di kawasan Geosite Open Pit Nam Salu ini menjadi salah satu poin ditetapkannya Geopark Nasional Belitung sebagai UNESCO Global Geopark pada sidang ke-211 Dewan Eksekutif Unesco pada 2021.

Ia menambahkan, geosite ini merupakan satu-satunya geosite berbentuk kepulauan di Indonesia.

"Geopark maritim yang kita kembangkan ini harus berbasis berkelanjutan. Menjadi pemicu kebangkitan ekonomi kita melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi serta bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja," katanya.

Baca juga: Serunya Memancing Kakap dan Kuwe Giant Trevally di Belitung Timur

Alternatif wisata saat side events KTT G20

Belitung merupakan salah satu lokasi penyelenggaraan side events dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada September 2022.

Untuk itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menilai, Geosite Open Pit Nam Salu bisa menjadi alternatif wisata di tengah perhelatan tersebut.

Ini, kata dia, dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat Belitung.

"Pemerintah hadir untuk memberdayakan UMKM, tadi kita juga sudah meninjau UMKM-UMKM di Kelapa Kampit. Sehingga saatnya sekarang kita bergandengan tangan mempercepat pemulihan ekonomi kita," ujar Sandiaga.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com