Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Buka Perbatasan dan Kurangi Masa Karantina Mulai Maret 2022

Kompas.com - 28/02/2022, 10:00 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Xinhuanet

KOMPAS.com - Taiwan akan melonggarkan sejumlah syarat terkait pandemi Covid-19 mulai bulan Maret 2022 seiring dengan stabilnya situasi epidemi. 

Mulai Senin (7/3/2022), wisatawan pebisnis atau business traveler akan bisa mengajukan permohonan untuk memasuki Taiwan.

Sebagaimana dilaporkan Xinhua, Kamis (24/2022), wisatawan pebisnis tersebut bisa masuk dengan beberapa alasan, di antaranya untuk melaksanakan kontrak kerja atau investasi. 

Baca juga:

Tidak hanya itu, mulai 7 Maret, durasi karantina di rumah (home quarantine) untuk semua kedatangan juga akan diperpendek dari 14 hari menjadi 10 hari. 

Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian Penyakit di Taiwan, Kamis, karantina dilakukan di rumah atau tempat tinggal kerabat atau teman, serta dengan prinsip satu orang per satu tempat tinggal. 

Apabila prinsip tersebut tidak bisa dilakukan, maka kedatangan tersebut wajib menjalani karantina selama 10 hari di hotel khusus karantina. 

Ilustrasi Taiwan - Pemandangan menara Taipei 101.SHUTTERSTOCK / FenlioQ Ilustrasi Taiwan - Pemandangan menara Taipei 101.

Terkait tes Covid-19, setiap kedatangan juga wajib menjalani tes PCR setibanya di Taiwan. 

Sebelum masa karantina selesai, mereka diharuskan menjalani tes PCR lagi di rumah sakit atau lokasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah setempat. Usai karantina, mereka tetap wajib memantau dan menjaga kesehatan mandiri selama tujuh hari. 

Sementara itu, ada pula ketentuan tes rapid di rumah (at home rapid testing) yang dilakukan pada hari ketiga, kelima, dan ketujuh masa karantina, serta pada hari ketiga, keenam, atau ketujuh periode pemantauan kesehatan mandiri. 

Baca juga:

Adapun peralatan tes akan diberikan oleh petugas di bandara atau pelabuhan internasional. 

Tidak hanya itu, pada 1 - 30 Maret 2022, masyarakat di Taiwan juga tidak diwajibkan memakai masker ketika mereka menyetir mobil sendirian atau dengan anggota keluarga dalam satu mobil, berolahraga di dalam maupun luar ruangan, atau saat berfoto bersama di dalam maupun luar ruangan. 

Larangan untuk makan di dalam kereta, bus antarkota, kapal feri, dan penerbangan rute domestik juga dicabut mulai 1 Maret. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Xinhuanet
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com