Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyepi di Bali, Bandara I Gusti Ngurah Rai Tutup 3-4 Maret 2022

Kompas.com - 01/03/2022, 11:18 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 sebagai perayaan Tahun Baru Isaka atau Tahun Baru Saka, tahun ini jatuh pada Kamis (3/3/2022) berdasarkan perhitungan kalender Hindu.

Melansir Kompas.com, Senin (28/2/2022), Tahun baru tersebut dilakukan dengan melakukan introspeksi diri dengan cara menyepi.

Itulah sebabnya, Tahun Baru Saka diperingati dengan menyepi selama 24 jam. Hal ini ditandai dengan larangan amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak melakukan kegiatan hiburan).

Baca juga:

Sejalan Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali juga menutup operasional bandaranya selama 24 jam penuh.

Informasi tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bernama Taufan Yudhistira.

"Hari Kamis, tanggal 3 Maret 2022 dimulai dari pukul 06.00 WITA sampai hari Jumat tanggal 4 Maret 2022 pukul 06.00 WITA, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tutup secara operasional," kata Taufan Yudhistira kepada Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Sebuah pesawat di Bandara I Gusti Ngurah RaiHumas Polres Buleleng Sebuah pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Taufan menambahkan, penutupan operasional tersebut akan berlaku untuk operasional penerbangan maupun operasional bandara.

Namun, kebijakan dikecualikan terhadap penerbangan darurat, termasuk medical evacuation flight.

Baca juga: Uji Coba Masuk Bali Tanpa Karantina, Mulai 14 Maret

Bagi calon penumpang yang telah melakukan pemesanan tiket pada tanggal penutupan itu, diimbau untuk mengikuti kebijakan maskapai masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com