Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Kemenparekraf Mendadak Hilang, Sandiaga Uno Beri Klarifikasi

Kompas.com - 10/03/2022, 19:19 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akun Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendadak hilang pada Kamis (10/03/2022). Kejadian ini lantas ramai menjadi perbincangan hangat warganet.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno tak mengungkapkan secara pasti penyebab hilangnya akun Instagram Kemenparekraf.

Namun, ia mengaku sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memulihkan akun tersebut.

Baca juga: Sandiaga: 60.000 Tiket Hari Ketiga MotoGP Mandalika 2022 Telah Terjual

"Saat ini, kami masih sedang berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Facebook Indonesia untuk segera memulihkan akun instagram @kemenparekraf.ri,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno lewat rilis resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (10/3/2022).

Ia menekankan, rentannya sistem pertahanan dari aktivitas siber pada server Kemenparekraf, menyebabkan akun dari Instagram @kemenparekraf.ri bisa diretas. Kendati begitu, masalah ini telah dilaporkan kepada Facebook Indonesia.

Menurut Sandiaga, hilangnya akun Instagram Kemenparekraf berdampak cukup krusial mengingat akun Instagram @kemenparekraf.ri diikuti lebih dari 800.000 orang.

Pemandangan Pantai Wakatobi. Indonesia Travel Pemandangan Pantai Wakatobi.

Sandiaga menyampaikan permohonan maaf kepada para pengikut akun Instagram @kemenparekraf.ri atas ketidaknyamanan yang terjadi sehingga membuat arus penyebaran informasi melalui media sosial tersebut terhambat.

Menparekraf Sandiaga Uno juga meminta para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar tidak khawatir.

Informasi terkait Kemenparekraf tetap dapat diakses melalui platform resmi lainnya, seperti situs resmi Kemenparekraf, serta platform media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Tiktok Kemenparekraf.

Baca juga: Wisata Balon Udara di Subang, Sandiaga Sebut Mirip Cappadocia

“Kami harapkan pemulihan akun instagram @kemenparekraf.ri bisa segera rampung agar secepatnya beroperasi kembali untuk memberikan informasi teraktual seputar industri parekraf, demi kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Sandiaga.

Hingga berita ini dinaikkan, akun tersebut masih belum dapat diakses. Kompas.com belum dapat menemukan akun resmi Kemenparekraf di pencarian Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com