Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Merapi Meletus, 5 Tempat Wisata Ini Diprediksi Aman

Kompas.com - 11/03/2022, 14:17 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran pada Kamis (10/3/2022) pukul 19.25 WIB. Dampaknya, sejumlah lokasi, termasuk obyek wisata yang berada dalam radius bahaya, tertutup bagi warga.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menerangkan, guguran lava dan awan panas guguran Gunung Merapi tersebut menuju arah tenggara dan selatan-barat daya, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (4/3/2022).

Sektor arah tenggara yang masuk dalam wilayah bahaya meliputi Sungai Woro sejauh maksimal tiga kilometer (km) dan Sungai Gendol lima kilometer.

Sementara itu, sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal lima kilometer, Sungai Bedog, Sungai Krasak, dan Sungai Bebeng sejauh maksimal tujuh kilometer.

Baca juga:

Selain itu, BPPTKG mengungkapkan, lontaran material vulkanis, bila terjadi letusan eksplosif, dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak.

Akibatnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menutup sementara beberapa tempat wisata yang berjarak sekitar lima kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Adapun tempat wisata yang tutup meliputi Bukit Klangon, Petilasan Mbah Maridjan Kinahrejo, Bunker Kaliadem, dan wisata religi Turgo.

Kendati demikian, sejumlah tempat wisata diprediksi aman dari potensi bahaya erupsi Gunung Merapi. Sebab, lokasi wisata tersebut berada di utara Gunung Merapi serta dalam radius lebih dari lima kilometer.

1. Ketep Pass

Daya tarik wisata (DTW) Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali Jumat, 26 Februari 2021.Dok. DTW Ketep Pass Magelang Daya tarik wisata (DTW) Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali Jumat, 26 Februari 2021.

Jarak dari Gunung Merapi ke Ketep Pass kurang lebih delapan kilometer. Obyek wisata ini berada di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Ketep Pass memiliki sejumlah spot wisata yang dapat dikunjungi, yakni Gardu Pandang Ketep Pass, Museum Vulkanologi, dan Bioskop Mini.

Dari Gardu Pandang Ketep Pass, wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pengelola menyediakan dua gazebo bagi pengunjung yang ingin melihat dua gunung di Pulau Jawa tersebut. 

Di Museum Vulkanologi, pengunjung dapat mengamati miniatur Gunung Merapi. Tempat ini juga dilengkapi dengan dokumentasi Gunung Merapi, antara lain contoh batuan dari letusan Gunung Merapi dan aktivitasnya dari tahun ke tahun.

Di Bioskop Mini, pengunjung bisa menonton film dokumenter sejarah terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian di Puncak Garuda, dan letusan Gunung Merapi yang pernah terjadi.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Yogyakarta, Ada Lava Tour Merapi

2. Puncak Argapura Ketep Pass

Puncak Argapura Ketep PassInstagram @puncak_argapura_ketepass Puncak Argapura Ketep Pass

Sekitar dua menit perjalanan menggunakan kendaraan dari Ketep Pass, terdapat obyek wisata Puncak Argapura Ketep Pass.

Tempat ini mengusung konsep perpaduan arsiterktur Jawa dan Bali. Bangunan utamanya berbentuk seperti rumah tradisional Bali, dilengkapi pendopo dan kolam ikan.

Baca juga: 

Sementara itu, nuansa Jawa terlihat di bagian pendopo yang ada di area makan outdoor, dilansir dari Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Daya tarik dari Puncak Argapura Ketep Pass adalah lokasinya yang dikelilingi Gunung Merapi, Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Bukit Menoreh. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com