Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bandara di Indonesia Jadi yang Paling Higienis di Asia Pasifik 2021

Kompas.com - 12/03/2022, 05:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Airport Council Internasional (ACI) pada Kamis (10/3/2022) mengumumkan daftar bandara paling higienis di dunia yang berhasil meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region 2021.

Penghargaan Best Hygiene Measures by Region 2021 merupakan bagian dari Airport Service Quality (ASQ) Awards yang digelar ACI, melibatkan 400 bandara di 95 negara.

Di kawasan Asia-Pasifik, terdapat 10 bandara yang meraih penghargaan ini. Dari 10 bandara tersebut, enam di antaranya berada di kawasan ASEAN yang seluruhnya dikelola PT Angkasa Pura II (AP II). Sementara, tiga bandara berada di China dan satu bandara lagi di India.

Baca juga: 6 Bandara di Indonesia Sukses Jadi yang Terbaik di Asia Pasifik

Bandara Angkasa Pura II Paling Higienis di Asia Pasifik 2021

Berikut daftar enam bandara di bawah Angkasa Pura II yang mendapatkan penghargaan Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) tahun 2021:

ACI memberikan penghargaan tersebut kepada setiap bandara yang memiliki prosedur dan layanan baru di tengah pandemi Covid-19, sesuai keinginan traveler guna memenuhi kebutuhan mereka.

Selain itu, porsedur dan layanan itu ditujukan untuk memastikan lingkungan bandara tetap bersih dan aman di tengah pandemi.

Baca juga:

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, penghargaan dari ACI ini berhasil diraih berkat dukungan dari masyarakat dan para staf bandara yang bekerja dengan baik meski bertugas di tengah pandemi.

“AP II sangat bersyukur bahwa enam bandara kami mendapatkan penghargaan Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) dari ACI yang merupakan lembaga global yang menaungi bandara-bandara di dunia," kata dia, dalam rilis yang Kompas.com terima, Jumat (11/3/2022).

Ia melanjutkan, penghargaan itu sejalan dengan komitmen AP II dalam mewujudkan bandara yang aman dan nyaman bagi penumpang pesawat di tengah pandemi. 

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Naik Peringkat dalam Daftar 100 Bandara Terbaik di Dunia

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh traveler yang telah mendukung dan menjalani protokol kesehatan di tengah pandemi, selain tentunya kepada para staf bandara AP II dan stakeholder terkait.

ACI menyatakan bahwa di saat pandemi, setiap bandara harus mampu melakukan penyesuaian serta mengadopsi teknologi baru dan menentukan berbagai proses guna mengakomodir keinginan pelanggan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com