Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Pantai di Sukabumi yang Indah, Cocok untuk Liburan

Kompas.com - Diperbarui 13/09/2022, 08:37 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki sejumlah wisata pantai yang indah karena berada di bagian selatan Pulau Jawa. Pantai-pantai di Sukabumi tersebut merupakan wilayah pesisir Samudera Hindia.

Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bekasi. Sementara, jarak dari DKI Jakarta, sekitar 115 kilometer (km) dengan waktu tempuh tiga-empat jam menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Sukabumi, Main ke Curug hingga Mandi Air Panas

Jadi, Kabupaten Sukabumi menjadi destinasi alternatif yang dapat dijangkau wisatawan dari ibu kota dan sekitarnya. Berikut 10 pantai di Sukabumi yang indah cocok untuk wisatawan.

Wisata pantai di Sukabumi

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu, salah satu wisata pantai di Sukabumi.SHUTTERSTOCK/ILHAMNURIKHSAN Pantai Pelabuhan Ratu, salah satu wisata pantai di Sukabumi.

Pelabuhan Ratu merupakan kawasan pesisir pantai di selatan Kabupaten Sukabumi. Kawasan ini memiliki sejumlah pantai yang menjadi destinasi wisata.

Salah satunya adalah Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki panorama khas yakni dikelilingi dengan bukit, hutan cagar alam, dan batu karang.

Baca juga: Keliling Sukabumi Naik Bus Si Ratu, Bisa Lihat Panorama Pantai

Ombak di Pantai Pelabuhan Ratu terkenal sangat kuat sehingga wisatawan diimbau untuk berhati-hati.

2. Pantai Citepus

Pantai Citepus, salah satu wisata pantai di Sukabumi.Shutterstock/Jamaludin Yusup Pantai Citepus, salah satu wisata pantai di Sukabumi.

Pantai Citepus masih berada dalam jajaran pantai di Pelabuhan Ratu, yang terletak di Desa Citepus. Lokasinya berada di pinggir Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu, sehingga banyak dikunjungi wisatawan karena aksesnya terjangkau, seperti dikutip Kompas.com (05/02/2022).

Ombaknya cukup besar, sehingga ada batasan renang bagi pengunjung. Jika kamu berkunjung ke Pantai Citepus, jangan lewatkan panorama matahari terbenam atau sunset.

Baca juga: Bukit Durian Sagara Sukabumi, Bisa Kulineran Sambil Nikmati Keindahan Alam

Penduduk setempat biasanya menangkap ikan kecil di Pantai Citepus, kemudian diternakkan secara mandiri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com